Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo (kiri)-Mahfud MD menjalani tes kesehatan di Gedung Medical Check-Up RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjalani tes kesehatan di Gedung Medical Check-Up RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10). Keduanya datang terpisah hanya selisih satu menit.

Mahfud MD datang lebih awal pada pukul 07.07 WIB, disusul kemudian Ganjar Pranowo yang datang bersama istri Siti Atikoh. Pemandangan menarik saat keduanya datang.

Mahfud datang mengenakan batik melenggang seorang diri. Berbeda dengan Ganjar yang mengenakan kaos Polo warna putih datang sambil menggandeng sang istri yang mengenakan kemeja warna biru gelap.

Usai tiba di Gedung MCU RSPAD Gatot Subroto, kedua pasangan calon langsung memasuki ruangan untuk berganti pakaian pemeriksaan berupa piyama.

Baca juga:  PSI Deklarasikan Dukungan ke Prabowo-Gibran

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan rangkaian pemeriksaan sama seperti pasangan calon sebelumnya, baik metode, alat, serta tim dokter yang dilibatkan.

“Sama dengan kemarin begitu ada pasangan calon yang hadir akan sapa jurnalis, masuk mengganti pakaian pemeriksaan kesehatan, akan kembali menyapa jurnalis setelah pemeriksaan sampaikan konpers menyampaikan hal-hal terkait pemeriksaan,” kata Hasyim dikutip dari Kantor Berita Antara.

Usai berganti pakaian menggunakan piyama warna hijau menyerupai warna dominan dinas TNI, Ganjar dan Mahfud menyapa wartawan dan melambaikan tangan ke arah media.

Baca juga:  KPU Umumkan Tes Kesehatan Tiga Bapaslon Pilpres

Di tangan keduanya terpasang gelang indetitas pasien yang menjalani pemeriksaan kesehatan berwarna putih.

Sebagaimana yang tertuang dalam UU, salah satu syarat calon presiden dan wakil presiden adalah harus mampu secara rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai presiden dan wakil presiden serta bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Adapun rangkaian tes kesehatan yang diikuti para pasangan calon ini diatur dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KKPU) Nomor 1374/2023 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu 2024.

Baca juga:  Rekapitulasi Sementara, Ganjar-Mahfud Menang di Desa Sembiran

Rangkaian tes kesehatan itu di antaranya CT scan, diagnostik, pemeriksaan pembuluh darah dalam jantung, tes fungsi organ keseluruhan, tes pembuluh darah, MRI melihat profile merujuk pada seseorang, mengukur kapasitas paru-paru, tes treadmill, USG, wawancara untuk mendiagosis gangguan prablem solfing dan tes uji narkoba.

Ganjar Pranowo berusia 54 tahun, pernah menjabat dua periode sebagai Gubernur Jawa Tengah. Sedangkan Mahfud MD berusia 66 tahun, sudah beberapa kali menjadi menteri, saat ini Menkopolhukam, serta pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi, dan anggota DPR RI tahun 2008. (kmb/balipost)

BAGIKAN