Bahan alami yang digunakan untuk produk perawatan tubuh. Produk perawatan tubuh dengan bahan alami makin diminati konsumen karena dinilai lebih aman. (BP/may)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Inisiatif hyperlocal yang diperkenalkan Tokopedia mampu membantu UMKM lokal menjangkau pasar nasional. Hal ini diakui salah satu pengusaha perawatan tubuh asal Bali, Gracia Chandra, Kamis (19/10) di Kerobokan, Badung.

Ia mengatakan, inisiatif hyperlocal ini membantu produknya dikenal lebih luas. Pemilik brand Gracious Project ini menuturkan berbagai produk perawatan tubuh dengan bahan natural ini cukup diminati.

Ia mengutarakan merintis usaha ini karena hobi meracik essential oils dan berbagai produk perawatan tubuh dengan bahan natural. Pihaknya akhirnya memberanikan diri meluncurkan Gracious Project pada 2020.

“Saat pandemi, banyak orang yang mencari produk perawatan tubuh dan skincare bagi keluarga. Kebetulan saya punya latar belakang sebagai formulator, yang bisa membuat formula untuk bahan kesehatan atau kecantikan, sehingga saya terdorong untuk membuat produk perawatan tubuh dengan bahan natural, salah satunya sabun natural,” ungkap Gracia.

Baca juga:  Orok Mengambang di Tukad Badung

Produk ciptaan Gracia yang semula digunakan untuk keluarga akhirnya berkembang dan makin banyak peminat. Tak hanya menjual produk perawatan tubuh dengan bahan alami, Gracious Project juga mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih natural, salah satunya dengan menjual buku seputar resep dan cara pembuatan produk perawatan tubuh alami, seperti soap bar dan essential oils.

“Produk kami menggunakan bahan alami dan kami peroleh dari petani lokal. Gracious Project bekerja sama dengan petani lokal penghasil minyak kelapa di Lombok Utara dan petani lokal minyak calendula di Malang. Ada juga perajin Bali dan Yogyakarta yang memproduksi alat pelengkap, seperti loofah (alat yang terbuat dari gambas untuk membersihkan kotoran pada kulit), serta kapas yang dapat dipakai ulang,” jelas Gracia.

Baca juga:  IPEX BTN Bidik Kredit Baru Rp 5 Triliun

Selain membantu UMKM lokal memulai dan membangun bisnis, Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak, mengutarakan hyperlocal juga mempermudah masyarakat Indonesia dalam mengakses lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien. “Khusus di Bali (data lokal), scrub wajah, foot scrub dan bath salt menjadi beberapa produk perawatan tubuh yang paling laris di Tokopedia, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 1,5 kali lipat,” tambah Nuraini.

Baca juga:  Dari Pemberlakuan Syarat Rapid Test Ketapang-Gilimanuk Beda hingga Ketut Maha Agung Resmi Jabat Kajari Badung

Secara keseluruhan, pada kategori produk Perawatan Tubuh di Tokopedia seperti body lotion, hair conditioner dan hair mask menjadi beberapa produk terlaris pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022. Rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 5 kali lipat. “Wilayah seperti Gianyar, Badung dan Denpasar mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 6 kali lipat,” ungkapnya. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN