Ilustrasi granat. (BP/Dokumen Antara)

TABANAN, BALIPOST.com – Sebuah benda yang diduga granat aktif ditemukan oleh seorang pelajar SMP asal Desa Denbantas di Sungai (tukad) Empas, pada Rabu (18/10). Beruntung granat itu tidak meledak meskipun sempat dipakai mainan oleh anak-anak.

Kapolsek kota Tabanan AKP I Nyoman Sumantara, SH, MH mengatakan sekira pukul 19.30 WITA, pihak kepolisian mendapatkan laporan melalui babhinkamtibmas yang ada di Banjar Adat Celuk, Desa Denbantas, Tabanan bahwa ada barang yang menyerupai granat atau diduga granat yang ditemukan oleh pelajar kelas 1 SMP. Saat itu sang anak sedang bermain di Sungai Empas. Benda itu dibawa pulang sekitar pukul 14.00 WITA.

Baca juga:  Dibuntuti, Pengemudi Mobil Ini Lapor ke Polsek Denbar

Setelah dibawa pulang dan dipakai untuk bermain, dilihat oleh pamannya ternyata barang itu diduga granat aktif. Karena takut terjadi sesuatu selanjutnya sang paman melapor ke babinkamtibmas, yang kemudian barang diduga granat aktif itu langsung diamankan di pinggir jalan atau tepatnya di lahan kosong.

Selanjutnya dari Polsek Kota Tabanan menindaklanjuti atas penanganan dari temuan tersebut, menghubungi tim penjinak bom (jibom) Gegana Polda Bali yang langsung datang ke lokasi sekitar pukul 23.15 WITA. Benda itu dibawa ke tempat yang aman oleh tim gegana.

Baca juga:  Sanksi Dinilai Terlalu Ringan, Anggota DPRD Minta Oknum Dokter di RSUD Klungkung Ditindak Tegas

“Diduga granat itu granat aktif dalam kondisi fisiknya pennya masih utuh namun gelang penarik sudah karatan mengingat kondisi sudah lama berada di tenpat lembab atau sungai,” ucap Kapolsek Kota.

Atas temuan tersebut, penanganan telah dilakukan sesuai dengan SOP yang dilakukan oleh tim gegana, “kami tidak berwenang untuk melakukan tindakan lebih lanjut, kami hanya melakukan pengamanan di TKP saja,” ucapnya. (Puspawati/balipost)

Baca juga:  Sempat Bahas akan Sembahyang ke Besakih, Mahasiswa Ditemukan Meninggal dengan Mulut Berbusa
BAGIKAN