Anak Agung Sagung Inten. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Indonesia memiliki beragam kain yang patut dilestarikan. Untuk itu, generasi muda diajak mencintai kain khas Indonesia sehingga bisa lestari. Demikian disampaikan Ketua Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Provinsi Bali, Anak Agung Sagung Inten atau kerap disapa Byang Mangku Hipno, Kamis (21/9).

Byang mengatakan jika KCBI ini memiliki visi terciptanya perempuan Indonesia yang memiliki jati diri berbangsa Indonesia melalu cermin gaya berbusana tradisional daerahnya. Ia pun ingin menyosialisasikan kepada yang belum terbiasa berkain dalam keseharian, bahwa berkain itu sangat mudah, simple dan tidak ribet.

Baca juga:  Survei: Banyak Pembaca Hindari Berita Penting

Terlebih untuk generasi muda sekarang yang sudah terpengaruh budaya lain. “Kita punya budaya bangsa yang luar biasa, memiliki kain-kain yang patut kita hargai,” ujarnya.

Ia berharap KCBI ini bisa mewujudkan visi dan misi dengan adanya nilai manfaat dan berkain tidak hanya dipakai diacara tertentu saja, tetapi bisa digunakan saat ke mall bahkan liburan ke luar negeri.

Selain sebagai ketua KCBI, Byang juga merupakan seorang desainer boneka dan seorang spiritual. Ia mengatakan jika boneka meberikannya dunia yang baru. “Karena ini berkah luar biasa dari Tuhan yang tidak semua orang punya dan melalui leluhur lalu saya juga berterima kasih kepada orang tua yang sudah menjerumuskan istilahnya saya ke dunia boneka hingga menjadi sukses dan saya mendalami desainer boneka ini selama 20 tahun,” jelasnya.

Baca juga:  Satu Zona Merah dan Orange Tambah Warga Terpapar COVID-19 Capai 3 Digit

Byang mengatakan jika untuk berspiritual tentunya ini adalah hal pertama yang menyelamatkan jiwa kita, dengan melakukan pelayanan justru membahagiakan orang lain, kita memperoleh kebahagiaan yang luar biasa.

Byang mengatakan orang sukses di dunia ini banyak tetapi kembali lagi ke diri sendiri apa yang kita butuhkan, apa yang kita mau dan mengerti skala prioritas, jadi bahagiakan keluarga, lalu cukupi batin diri dengan berkah tuhan, lalu bahagiakan orang-orang disekitar, beri vibrasi yang positif, jangan banyak mengeluh, bekerja keras, nikmati prosesnya dan hasilnya pasti luar biasa. (Sinta/balipost)

Baca juga:  Songket Jembrana mulai Go International
BAGIKAN