Prosesi Mapurwa Daksina dalam puncak karya Atma Wedana (Pitra Yajna) Puri Satria, Denpasar berlangsung Kamis (14/9). (BP/sinta)

DENPASAR, BALIPOST.com – Prosesi Mapurwa Daksina dalam puncak karya Atma Wedana (Pitra Yajna) Puri Satria, Denpasar berlangsung Kamis (14/9). Prosesi yang diikuti 271 puspa ini diiringi ribuan warga.

Prosesi Mapurwa Daksina berlangsung dari pukul 10.30 WITA dengan mengelilingi Jalan Veteran menuju Jalan Patimura, Jalan Belimbing, Jalan Kedondong dan kembali ke Jalan Veteran sebanyak 3 kali. Adapun iringan dari mapurwa daksina ini yakni lembu, tebu, kelompok pembawa pecut, kober, dan selanjutnya adalah ratusan puspa lengkap dengan tedung.

Baca juga:  Tim Wasrik BPK Periksa Kinerja Kodam

Pengelingsir Puri Satria, A.A. Ngurah Agung Wirabima Wikrama ditemui di sela-sela acara mengatakan, rangkaian Atma Wedana ini telah berlangsung sejak sebulan sebelumnya. Sebagai puncak acara pada hari itu disebut pula upacara Meligia Jangkep.

Upacara ini merupakan penyucian Puspa Raja Denpasar IX, Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan. “Acara sudah dimulai sejak bulan lalu, hari ini puncaknya dan besok pagi ke segara. Dilanjutkan pada 17 prosesi meajar-ajar,” ungkapnya.

Baca juga:  Ribuan Krama Ikuti Prosesi Mapurwa Daksina di Puri Agung Pemecutan

Sebelum puncak acara, juga telah berlangsung upacara metatah massal yang diikuti 214 peserta. (Widiastuti/balipost)

BAGIKAN