Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Pemerintah Provinsi Bali kini memiliki Penjabat Gubernur Irjen Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya, setelah masa jabatan 5 tahun, Wayan Koster – Cok Ace berakhir. Harapan besar masyarakat dari kabupaten/kota di Bali, kepada Pj. Gubernur yang dipilih Presiden Joko Widodo ini untuk tetap melanjutkan program yang mengawal keajegan Bali setahun ke depan. Khususnya pondasi yang telah dipasang Gubernur Koster-Cok Ace, menuju Bali Era Baru.

Mewakili masyarakat, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, mengatakan harapannya kepada Pj. Gubernur terpilih agar berkomitmen melanjutkan langkah atau kebijakan yang sudah maju dan dirasakan oleh rakyat Bali selama 5 tahun ini. “Terlebih beliau seorang dari Polri dan putra daerah, punya komitmen tinggi untuk membangun Bali. Beliau juga sudah berpengalaman staff ahli di Kementerian Dalam Negeri, membangun desa, membangun Kabupaten dan Bali,” terangnya.

Bupati Tamba berharap program satu tahun ke depan dapat menuntaskan program yang belum diselesaikan sebelumnya dan meyakini memiliki inovasi yang menunjang menuju Bali Era Baru. Bupati Tamba juga menyampaikan terimakasih kepada Wayan Koster dan Cok Ace selama kepemimpinan 5 tahun ini. “Saya berterima kasih kepada Bapak Wayan Koster. Beliau adalah Gubernur yang bisa mementingkan program daerah yang sudah ada. Membantu mensupport segala pembangunan di Kabupaten/Kota. Saya yang tidak se-partai dengan beliau, saya sangat terbantu oleh beliau. Artinya beliau memimpin dan membangun Bali secara profesional,” ujar Bupati kader Partai Demokrat ini.

Baca juga:  Tampil Beda, KPPS Banjar Blungbang Payas Lelunakan

Dengan capaian dan kualitas serta sikap profesional itu, Bupati Tamba berharap agar nantinya Wayan Koster dapat kembali periode kedua. “Saya sangat berharap untuk periode kedua (Koster), saya kondisikan dan sukseskan beliau,” ujar Tamba.

Harapan serupa dari Kabupaten di Bali Barat ini juga disampaikan Ketua DPRD Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi. Dengan adanya PJ Gubernur yang telah terpilih ini, Sutharmi yang merupakan Srikandi PDI-P asal Yehembang ini berharap agar semua program kegiatan yang sudah dicanangkan oleh Wayan Koster bisa dilanjutkan. “Terutama program-program yang mengawal keajegan Bali dengan berbagai kebijakan pergub dan perda yang sudah dibuat selama Beliau memimpin Bali. Terutama terkait dengan Perda Haluan Bali 100 tahun ke depan,” pungkas Sri Sutharmi.

Masyarakat Bangli seperti diungkapkan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta juga berharap Pj. Gubernur melanjutkan program strategis Koster-Cok. Ace. Dia mengapresiasi kinerja Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Cok Ace. Menurut Sedana Arta, Wayan Koster adalah Gubernur Bali yang paling progresif mewujudkan pembangunan infrastruktur dan sarana-prasarana strategis di Bali. Hal itu tidak terlepas dari pengalamannya selama 3 periode menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan disertai dengan kekuatan jaringannya yang dimiliki di Pemerintah Pusat.

Baca juga:  Masih Dibutuhkan, Kontrak Ribuan GTT dan PTT Diperpanjang

Disampaikan juga bahwa pencapaian kemajuan yang sangat spesifik adalah meningkatnya penggunaan produk lokal Bali sebagai implementasi kebijakan yang dituangkan dalam Peraturan Gubernur yaitu penggunaan busana adat Bali, penggunaan busana berbahan kain tenun endek Bali/kain tradisional Bali dan berkembangnya industri olahan berbahan Arak Tradisional Bali. Pencapaian kemajuan dalam penggunaan produk lokal Bali ditandai semakin berkembangnya pelaku usaha IKM, UMKM, dan Koperasi dengan produk berkualitas yang menjadi kekuatan penopang perekonomian Bali yang berbasis rakyat.

Pelaku usaha pariwisata, seperti hotel dan restoran telah semakin banyak menggunakan produk lokal Bali, seperti beras Bali, buah-buahan Bali, sayur-sayuran Bali, telur ayam Bali, ikan Bali, dan arak Bali. Meningkatnya penggunaan Arak Bali di hotel-hotel berkelas dunia, menurutnya telah berdampak nyata, yaitu menurunnya impor miras. “Ke depan, kebijakan yang berpihak pada sumber daya lokal Bali ini harus dipertahankan dengan komitmen kuat dan sungguh sungguh, bahkan harus semakin ditinggkatkan secara lebih masif dan progresif,” kata pria yang juga Ketua DPC PDIP Bangli itu.

Baca juga:  Klaster Ini Dominasi Penyebaran Kasus COVID-19 Baru di Denpasar

Tak hanya itu saja capaian yang juga sangat membanggakan bahwa Gubernur Wayan Koster telah berhasil memperjuangkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2023 tentang Provinsi Bali. “Ini merupakan pencapaian luar biasa, monumental, dan bersejarah di bidang politik legislasi yang menjadi dasar hukum dalam menyelenggarakan Tatanan Pemerintahan dan Pembangunan Bali ke depan,” jelasnya.

Atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Bangli, Sedana Arta mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali Wayan Koster dan Waki Gubernur Bali Cok Ace atas jerih payahnya selama 5 tahun memperjuangkan kepentingan masyarakat dan alam Bali. “Semoga selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengemban tugas berikutnya,” kata Sedana Arta. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *