Desa Adat Tegenan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem melaksanakan upacara Ngaben Kinembulan. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Desa Adat Tegenan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem melaksanakan upacara Ngaben Kinembulan. Dalam upacara tersebut diikuti oleh puluhan peserta krama dari desa adat setempat dan maupun warga dari luar Desa Tegenan.

Ketua Panitia, I Wayan Suiji, Jumat (21/7), mengungkapkan, tercatat ada sebanyak puluhan peserta yang mengikuti upacara tersebut, yakni untuk ngelungah diikuti oleh 34 peserta dan metatah sebanyak 55 peserta. “Selain dari krama Desa Adat Tegenan, upacara juga ada diikuti dari luar desa Waringin dan Pule yang ikut empat petempung,” ucapnya.

Baca juga:  Gubernur Koster Minta Produksi Arak Gula Ditutup

Suiji, mengatakan upacara ngeplugin telah dilaksanakan pada 12 sampai 15 Juli, kemudian upacara majar-ajar 18 Juli. Dan untuk Rsi Gana dan pembubaran panitia akan dilakukan pada 29 Juli. “Upacara juga telah dihadiri Bupati Karangasem I Gede Dana, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa dan Bu Darmini DPRD Provinsi,” katanya.

Disingung biaya yang dikeluarkan oleh peserta, Suiji, mengatakan biaya masing-masing sawa sebesar Rp8 juta rupiah. “Untuk pembuatan sarana dan prasarana upakara kita memanfaatkan Paiketan Serati, Pakis dan Paiketan Pemangku. Sedangkan yang tidak buat, kita membeli di Gria Pucaksari Pesaban,” jelasnya.

Baca juga:  IWB Gelar Ngaben Kinembulan

Ia menyatakan upacara dipuput Ida Pandita Mpu Darma Yoga Semadi. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *