Tari Kecak dipentaskan di Uluwatu. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Rencana penataan Daerah Tujuan Wisata (DTW) kawasan luar Pura Luhur Uluwatu, akan dilengkapi dengan area foto prewedding. Rencana ini dituangkan dalam Detail Engineering Design (DED).

Manager Pengelola DTW Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu, Wayan Wijana, Rabu (12/7) lalu mengatakan, rencana tersebut telah dicantumkan dalam masterplan. “Itu baru perencanaan. Dalam masterplan sudah tercantumkan. Nanti kan kita pasti analisa,” katanya.

Baca juga:  Membahayakan, Aktivitas Prewedding di Tebing Karang Pantai Balangan

Wijana menegaskan pembangunan yang direncanakan adalah spot foto prewedding bukan arean wedding party. “Yang kita maksudkan di sana bukan wedding party, tapi foto prewedding. Wedding party tidak bisa menurut pandangan saya, dan itupun harus dikaji lebih matang,” ujarnya.

Menurutnya, DTW Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu, sesungguhnya telah dilakukan kegiatan foto prewedding. Lokasinya berasa di ujung utara pura yang terkenal dengan sunsetnya. “Di sana viewnya bagus, sunset point, ada samuderanya, dan sebagainya,” ucapnya.

Baca juga:  Harga Cabai Melambung, Tembus Rp 90.000 Per Kilogram

Namun demikian, dalam penggunaannya nanti tentu harus dilakukan pengawasan agar kegiatan berlangsung sesuai norma belaku. “Modelnya, cara pakainya, itu harus kita pantau. Biar tidak sembarangan. Jadi sekali lagi, itu bukan wedding, tapi foto prewedding. Kalau wedding, tidak bisa dilakukan,” jelasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Badung memiliki sebuah rencana melakukan penataan terhadap Kawasan Pura Uluwatu. Bahkan Detail Engineering Design (DED) terhadap itu telah disiapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung. Terdapat sejumlah pekerjaan yang akan dilakukan, seperti penataan jalan, area parkir, candi bentar, candi kurung, penyengker, kios, jembatan kaca dan lainnya. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Diduga Pungli Foto "Prewedding," Tiga Orang Diamankan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *