Rekasadana (Pergelaran) Suling Pao Han Chuan, Facully of Music, Guangxi Normal University, Guilin, Guangxi China, dihadirkan di Gedung Ksirarnawa. (BP/sinta)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sejumlah penampilan dari seniman luar negeri dihadirkan dalam Pesta Kesenian Bali XLV. Pada Selasa (11/7), Rekasadana (Pergelaran) Suling Pao Han Chuan, Facully of Music, Guangxi Normal University, Guilin, Guangxi China, dihadirkan di Gedung Ksirarnawa. Empat orang seniman dari Guangxi Normal University membawakan Suling Pao Han Chuan ini.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha mengatakan penampilan dari Guangxi Normal University ini dapat memberikan pembelajaran baru bagi anak muda Bali. “Pertunjukan yang luar biasa, nada yang indah saat dimainkan, ternyata alat musik yang dibawa sama teman-teman dari China itu mirip dengan Bali. Nah kekayaan-kekayaan itu yang sebenarnya perlu di-compare (dibandingkan, red) karena kita juga punya dan mereka juga punya. Dari segi nada, lumayan sama dengan Bali. Sebenarnya ini pembelajaran yang bagus untuk anak-anak muda Bali jika bisa menangkap pertunjukan ini,” jelasnya.

Baca juga:  Polda Amankan 246 Gereja saat Natal

Arya mengatakan jika rekasadana ini bertujuan untuk memotivasi seniman Bali untuk mendapatkan ide baru. “Semua pagelaran luar daerah dan luar negeri bertujuan untuk seniman Bali agar tidak terkungkung dalam seni sendiri. Tapi, bisa banyak belajar dengan menyaksikan kesenian luar,” harapnya.

Sehingga ke depannya, para seniman Bali ini bisa lebih terbuka pikirannya. Bahkan, mungkin bisa berkolaborasi untuk menciptakan karya yang indah. “Bisa saling memberi dan saling mengajar,” ungkapnya. (Sinta/balipost)

Baca juga:  Pembukaan PKB XLV, "Peed Aya" Kabupaten Badung Usung Tema Segara Wisata
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *