DIY mementaskan sendratari "Gumarang" di PKB, Rabu (5/7). (BP/wulan)

DENPASAR, BALIPOST.com – Perwakilan DIY, Rabu (5/7), menampilkan sendratari bertajuk “Gumarang” di Kalangan Angsoka. Puluhan seniman dilibatkan dalam pementasan yang dibawakan secara apik ini.

Ditemui di Kalangan Angsoka, koordinator pementasan, Eko Ferianto menjelaskan Gumarang adalah cerita Mahabharata yang mengisahkan tentang Dewi Sri yang dikejar-kejar oleh Kala Gumarang, yang pada akhirnya akan menjadi lesung. “Jadi awal cerita di Mahabharata itu, ada cerita yang mengisahkan Kala Gumarang bertemu Dewi Sri,” ucap pria asal Sleman itu.

Baca juga:  Dukung Pariwisata, Telkomsel Mudahkan Konektivitas Digital dengan Orbit MiFi

Dalam sendratari ini, Kala Gumarang merupakan tokoh antagonis berwujud raksasa. Sedangkan tokoh protagonisnya adalah Saturna dan Dewi Sri.

Ia mengatakan dalam mempersiapkan pementasan dilakukan 10 kali pertemuan. Sebanyak 47 seniman dilibatkan dalam sendratari yang terbagi menjadi 3 repertoar ini.

Para seniman yang terlibat merupakan mahasiswa yang berada di DIY. Mayoritas merupakan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dan ISI Yogyakarta. (Wulan/balipost)

BAGIKAN