Cokorda Gede Budi Suryawan (CBS). (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Mantan Bupati Gianyar Cokorda Gede Budi Suryawan (CBS) dikabarkan meninggal Selasa (27/6) sekitar pukul 07.15 WITA di Puri Mahasari Ubud. Penglingsir Puri Saren Kangin Ubud, Cokorda Gede Krisna Sudarsana membenarkan berpulangnya CBS di usia 71 tahun.

CBS meninggalkan satu istri, tiga anak dan 5 cucu. Dikatakan Cok Kris, CBS yang lahir 13 September 1952 ini meninggal karena penyakit penuaan dan mendapatkan perawatan di Puri.

Baca juga:  Ini, Eedan Pelebon Mantan Bupati Gianyar Tjokorda Gde Budi Suryawan

Pihak keluarga merasa sangat kehilangn atas meninggalnya mantan orang nomor satu di Gianyar itu. Dikatakan, almarhum merupakan tokoh panutan keluarga dan setiap upacara di Puri Saren Kangin selalu mendapatkan petunjuk darinya.

Terkait upacara pelebon, akan diputuskan pihak keluarga setelah selesai Piodalan di Pura Semeru Agung. “Kami akan memutuskan upacara pelebon beliau dalam rapat keluarga setelah selesai upacara di Pura Semeru, yang jelas acara pelebon akan berlangsung di Puri Saren Kangin Ubud,” tegas Cok Kris Sudarsana.

Baca juga:  PLTMH Panji Muara Raya, 6 Tahun Terangi Bali dengan Listrik EBT

Wakil Ketua DPRD Gianyar, yang juga tokoh Partai Golkar Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Anom Masta membenarkan info berpulangnya CBS. Semasa hidup, almarhum sempat menduduki posisi sebagai Bupati Gianyar, Ketua DPD Golkar Provinsi Bali, dan Anggota Fraksi Golkar DPRD Bali.

Dijelaskannya, mendiang banyak berjasa membangun Kota Gianyar termasuk membangun patung-patung besar bertemakan Pemuteran Mandara Giri. Ia juga menjadi pencetus pembangunan Balai Budaya dan Lapangan Kapten Dipta. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Gianyar Berangkatkan 25 Pesepak Bola ke Porprov Bali
BAGIKAN