Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Indonesia terpilih sebagai salah satu anggota Dewan Eksekutif Badan Pariwisata Dunia (United Nation World Tourism Organization –UNWTO). Ini, menunjukkan kepercayaan negara-negara dunia terhadap Indonesia dalam mendorong kebangkitan sektor pariwisata.

“Alhamdulillah, saya sampai merinding dan terharu bahwa Indonesia mendapat kepercayaan yang luar biasa. Dalam pemungutan suara, Indonesia berhasil mendapatkan 16 suara mengalahkan Tiongkok dengan 15 suara, Jepang 14 suara, Korea Selatan 12 suara, dan Thailand 11 suara,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Selasa (20/6).

Baca juga:  Ubud Segera Ditetapkan sebagai Destinasi Gastronomi Dunia

Sandiaga mengatakan, Indonesia terpilih menjadi anggota Dewan Eksekutif UNWTO bersama Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang untuk periode 2023-2027 yang akan mewakili kawasan Asia Timur dan Pasifik. Adapun kedudukan Indonesia sebagai anggota Dewan Eksekutif UNWTO akan meningkatkan peran Indonesia dalam pengembangan pariwisata baik secara nasional maupun global.

Indonesia bersama Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang mewakili Asia Timur dan Pasifik, bertanggung jawab menyusun program-program UNWTO di wilayah Asia Pasifik untuk dilaporkan dalam General Assembly yang digelar pada Oktober 2023.

Baca juga:  Strategi Hybrid Bank BRI Antarkan Nasabah ke Transformasi Digital

Sebelumnya Indonesia juga mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah peringatan World Tourism Day (WTD) di Bali yang dirangkaikan dengan pertemuan G20 Tourism Working Group.

Dengan sejumlah kepercayaan yang diberikan kepada Indonesia, Sandiaga mengajak seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan di Indonesia untuk bersatu demi kemajuan sektor pariwisata.

“Dunia sudah memberikan begitu banyak penghargaan kepada kita. Mari kita bersatu padu jangan sampai kita saling menyalahkan, kita bangun bukan hanya pariwisata kita, tapi juga pariwisata regional dan dunia,” ujarnya. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Bupati Anas Ambil Formulir Cagub Jatim Lewat PDIP

 

BAGIKAN