Perbekel Belalang, I Made Mustika (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Membangkitkan geliat pariwisata di Kabupaten Tabanan, berbagai ajang yang dibalut dalam event maupun festival marak digelar elemen masyarakat. Salah satunya, melalui Kedungu Beach Festival yang diselenggarakan di Pantai Kedungu oleh masyarakat Banjar Adat Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Sabtu, (10/6).

Perbekel Belalang, I Made Mustika, mengatakan suksesnya pelaksanaan festival yang mengusung konsep Tri Hita Karana ini tidak terlepas dari peran
serta para yowana atau generasi muda di desa setempat. Apalagi, kawasan wisata di Kedungu ini sudah mulai ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Ditambah adanya fasilitas nongkrong kekknian dengan view Pantai Kedunggu.

Selain itu Pantai Kedunggu juga terkenal dengan wisatasurfing. “Gagasan festival ini muncul dari para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Belalang, kami di desa tentu akan men-support segala kegiatan yang memang sifatnya positif, dan sangat luar biasa sekali, festival berjalan dengan sukses,” terangnya.

Baca juga:  Tol Jagat Kerthi Bali Jawab Penantian Panjang Krama Bali

Kedungu Festival, yang mengusung inovasi dan kreativitas masyarakat, memiliki tujuan meningkatkan eksistensi Pantai Kedungu yang menjadi destinasi populer serta bertujuan untuk hiburan dan edukasi dengan menyatukan ragam komunitas di berbagai masyarakat serta mendorong semangat berkompetisi dan berkreasi. Diikuti oleh puluhan peserta, Kedungu Beach Festival menggelar kompetisi di bidang tari, surfing, hingga kejuaraan bartender yang diminati oleh masyarakat Tabanan di berbagai kalangan, serta berhadiah jutaan rupiah.

Event yang tak hanya menonjolkan inovasi namun juga promosi pariwisata dengan keindahan pantainya ini, mendapat apresiasi dari Bupati Sanjaya. Ia mengatakan pelaksanaan Kedungu Beach Festival dirasa sangat tepat karena selain sebagai ajang memperkenalkan budaya yang ada, juga sekaligus dapat menyaksikan keindahan panorama alamnya. “Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Belalang sudah mampu tampil melihat potensi yang ada dan mau berupaya membangun daerahnya untuk lebih maju. Ini sejalan dengan visi pemerintah Kabupaten Tabanan, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Beren￾mcana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM),” imbuh Sanjaya.

Baca juga:  2023, Bali Siapkan 66 Event Promosikan Pariwisata

Orang nomer satu di Tabanan ini juga berharap bahwa ke depannya akan ada lagi event-event lain yang bisa dilaksanakan agar dapat membantu upaya mempromosikan Desa Belalang sebagai destinasi daerah wisata unggulan di Kabupaten Tabanan. Untuk itu, Bupati Sanjaya berpesan kepada anak-anak muda di Desa Belalang untuk selalu berpikir positif, kreatif dan meningkatkan kualitas diri agar bisa bersaing menjadi yang terbaik.

Baca juga:  Dana Kepariwisataan Indonesia Guna Dukung Promosi

Seperti yang dijelaskan Ketua Panitia Festival, I Made Dwipta Dipta Rama, Kedungu Beach Festival merupakan gelaran apresiasi yang diusung oleh Karang Taruna Sabha Panca Yowana dan bekerja sama dengan Desa Adat Kedungu dan Desa Dinas Belalang, ditujukan kepada masyarakat luas dengan konsep Tri Hita Karana sebagai konsep utama dalam pelaksanaannya.

Sebelumnya, Bendesa Adat Kedungu, I Ketut Deger Setiasa pernah mengatakan dari desa adat tentu sangat mendukung pelaksanaan festival yang digelar oleh para generasi muda di desa setempat. Karena melalui momen tersebut akan lebih memperkenalkan lagi kawasan Pantai Kedungu yang juga merupakan satu satunya potensi Desa Adat Kedungu. “Kami tidak punya potensi lain hanya kawasan pan￾tai ini saja, yang tentu bisa tetap terus dijaga kelestariannya,” terangnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN