Made Guruh Anggara Putra saat ditemui, usai lolos mewakili Provinsi Bali menjadi Paskibraka Nasional, Selasa (23/5). (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Siswa SMAN 1 Semarapura, Made Guruh Anggara Putra mewakili Bali di Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Nasional. Warga Dusun Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini, sangat bersyukur atas pencapaian itu karena merupakan cita-citanya sejak SMP, untuk selanjutnya bisa menjadi Taruna Akademi Kepolisian.

Putra kedua dari 3 bersaudara pasangan I Wayan Suarnika dan Luh Putu Megawati mengaku sudah mempersiapkan diri sejak SMP. Setelah melanjutkan pendidikan ke SMA 1 Semarapura, dia sudah mengikuti lomba baris-berbaris.

Baca juga:  Rekapitulasi Penghitungan di 38 Provinsi Rampung, KPU Pleno Penetapan Hasil Pemilu 2024

Selanjutnya Guruh mengikuti Seleksi Paskibra di tingkat kabupaten sampai akhirnya lulus. Berikutnya adalah seleksi tingkat provinsi, dia bersaing dengan peserta dari sembilan kabupaten/kota lainnya yang juga membawa perwakilan masing-masing delapan orang.

Guruh mengatakan saat itu dirinya terus berjuang menjadi yang terbaik. Tahap demi tahap dia ikuti dengan baik dan terus bertahan. “Setelah seleksi tahap akhir, saya berhasil terpilih menjadi perwakilan dari Provinsi Bali menuju tingkat nasional. saya tidak menyangka bisa berjuang sejauh ini,” kata, siswa kelas X.1 ini, saat ditemui di rumahnya di Dusun Lepang, Desa Takmung, Selasa (23/5).

Baca juga:  Gubernur Koster Suarakan Penerapan Energi Bersih di Konferensi IndoPacific LNG Summit 2022

Guruh menambahkan dia lolos ke tingkat provinsi bersama peserta dari Kabupaten Denpasar Komang Andini Tria Amanda (15) siswi dari SMA Negeri 9 Denpasar. Saat ini dia mengaku masih akan mengikuti seleksi tahap penempatan, dengan target agar bisa ditempatkan di pasukan delapan.

Kepala Sekolah SMAN 1 Semarapura I Putu Sudibawa mengucapkan terimakasih kepada Guruh atas perjuangannya berhasil membawa nama baik sekolah dengan berhasil lolos menjadi Paskibra Nasional. “Saya mengenal Guruh, sebagai anak yang mempunyai etika baik, sopan, cerdas dan disiplin. Dengan pencapaian ini, Guruh kedepanya bisa menginspirasi anak-anak SMAN 1 Semarapura lainnya agar berprestasi mengikuti jejaknya,” tegasnya.

Baca juga:  Cuaca Buruk Sebabkan Perahu Nelayan Tenggelam di Gilimanuk, Satu Meninggal

Setiap siswa tentu harus bisa mengembangkan talentanya. Sekolah akan selalu siap untuk memberikan layanan serta dukungan yang maksimal bagi mereka yang memiliki potensi untuk terus mencapai prestasi sesuai dengan bakat dan potensinya. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN