Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam kehidupan ini, semua manusia diberikan waktu sama setiap harinya yaitu 24 jam. Namun, waktu 24 jam tersebut menghasilkan kegiatan yang berbeda-beda setiap harinya dari setiap manusia.

Tidak semua manusia bisa memanfaatkan waktu 24 jam sehari dengan baik. Dari itu, sebagai manusia perlu melakukan pengaturan waktu agar setiap harinya bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat dan produktif.

Mengatur waktu merupakan hal yang mudah tetapi sulit untuk diterapkan. Karena tidak semua orang bisa mengatur waktu dengan baik.

Mengatur waktu bukan hanya sekedar mengatur menit dan jam, namun juga mengatur waktu dengan jangka panjang. Mengatur waktu merupakan salah satu solusi agar memiliki aktivitas yang produktif dengan hasil yang baik.

Berikut ini adalah cara untuk mengatur waktu agar aktivitas yang dikerjakan bisa produktif dari berbagai sumber :

Baca juga:  Made Nanda Adi Saputra, Juara I Lomba Nyurat Lontar

1. Membuat tujuan hidup

Tujuan hidup atau planning hidup harus dibuat agar membuat manusia terpacu dalam menjalani hidup. Planning hidup atau yang biasa dikenal dengan goals, biasanya berbentuk target jangka panjang ataupun jangka pendek sesuatu yang ingin dicapai.

2. Membuat to do list harian

Setelah memiliki goals yang diinginkan dan cara mewujudkan goals tersebut. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan action, hal tersebut dimulai dengan membuat to do list. To do list tersebut berisi hal-hal apa saja yang akan dilakukan dalam setiap harinya.

3. Jangan melanggar jadwal yang sudah dibuat

Salah satu hal yang membuat kegiatan dalam setiap hari terhambat yaitu melanggar jadwal yang sudah dbuat. Usahan dalam setiap hari mematuhi jadwal yang sudah disusun. Belajar menolak ajakan dari teman juga merupakan salah satu cara agar to do list di hari tersebut bisa berjalan dengan baik.

Baca juga:  Informa Hadirkan "WOW Sale" hingga 30 September

4. Bangun pagi

Bangun pagi merupakan awal yang baik dilakukan setiap harinya. Karena orang sukses selalu bangun lebih pagi dan tidur lebih lama. Hal tersebut dilakukan untuk meraih apa yang diimpikan. Dengan bangun lebih pagi juga membuat tubuh lebih siap dalam melakukan aktivitas selanjutnya.

5. Meditasi atau olahraga setiap pagi

Ternyata meditasi dan olahraga setiap pagi akan membatu dalam menjaga keseimbangan dalam otak saat bekerja. Dengan meditasi dan olahraga setiap pagi juga bisa menghilangkan pemikiran negatif. Bahkan dengan melakukan hal tersebut tanpa disadari energi, stamina, dan fokus mental manusia akan menjadi lebih baik.

Baca juga:  Buleleng Simpan Banyak Arsip Statis

6. Konsisten

Semua orang tahu kunci sukses, tetapi tidak semua orang bisa untuk mewujudkannya. Bahkan semua orang tau konsisten adalah kunci kesuksesan, tetapi tidak semua orang mampu untuk melakukannya. Konsisten memang berat dan banyak sekali godaannya. Maka dari itu jika ingin bisa mengatur waktu dengan baik agar menjadi produktif setiap harinya belajarlah untuk kosisten.

Semua orang bisa melakukan semua tips diatas tetapi tidak semua orang bisa konsisten dalam mejalaninya. Maka dari itu kunci utama dalam mengatur waktu adalah konsisten agar semua hal tersebut bisa dilakukan selama-lamanya untuk mendapatkan hidup yang prodiktif dan baik. (Apsari/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *