Gubernur Bali, Wayan Koster dianugerahi penghargaan oleh Infobank Media Group sebagai Gubernur terbaik di Indonesia dengan kategori “The Best Governor 2023 in Economic Turn Around by Maximizing BPD to Support SME Sector”. (BP/Ist)

YOGYAKARTA, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster dianugerahi penghargaan oleh Infobank Media Group sebagai Gubernur terbaik di Indonesia dengan kategori “The Best Governor 2023 in Economic Turn Around by Maximizing BPD to Support SME Sector.” Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini dinilai sebagai pemimpin yang sukses membangkitkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Provinsi Bali usai dilanda Pandemi COVID-19.

Penghargaan yang diraih oleh Murdaning Jagat Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini diterima oleh Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa dan Perekonomian Setda Provinsi Bali, I Ketut Adiarsa saat Infobank Media Group menyelenggarakan ajang Infobank–Asian Post The Best Governor 2023 di Hotel Ambarrukmo, Yogyakarta, Kamis (11/5).

Chairman Infobank Media Group yang juga menjadi Ketua Dewan Penilai, Eko B. Supriyanto mengungkapkan bahwa penghargaan yang diraih Gubernur Koster sebagai Gubernur terbaik di Indonesia dengan kategori “The Best Governor 2023 in Economic Turn Around by Maximizing BPD to Support SME Sector” adalah hasil penilaian kuantitatif dan kualitatif yang dilakukan oleh Tim Penilai dari Dewan Redaksi Infobank dan The Asian Post untuk mendapatkan sosok gubernur terbaik di Indonesia. Ada 6 gubernur di Indonesia yang telah dinilai sebagai gubernur terbaik di Republik Indonesia pada Tahun 2023.

Baca juga:  Tiga Terduga Teroris Diamankan di Dua Lokasi

“Dimana Tim Penilai dari Dewan Redaksi Infobank dan The Asian Post melakukan penilaian kuantitatif berdasarkan kinerja Gubernur di dalam mengelola BUMD (Badan Usaha Milik Daerah,red)) yang dikelola oleh pemerintah provinsi, serta melakukan penilaian kualitatif kepada gubernur di Indonesia dengan merujuk sepak terjang, track record, karier, dan leadership yang dimiliki oleh masing – masing Gubernur,” ujar Eko B. Supriyanto.

Atas penilaian tersebut, Gubernur Koster secara resmi diberikan penghargaan dengan kategori “The Best Governor 2023 in Economic Turn Around by Maximizing BPD to Support SME Sector”, karena Gubernur Koster memiliki kinerja terbaik di dalamendorong kinerja Bank BPD Bali; Membangkitkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Bali usai dilanda Pandemi Covid-19 dan kini sektor pariwisata yang ditopang oleh UMKM di Pulau Dewata mulai menggeliat seiring makin banyaknya turis lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Pulau Bali; dan Merealisasikan Program Pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih sesuai implementasi visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Baca juga:  Gubernur Koster Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur KTT G20

Kinerja Gubernur Koster di dalam menggelola Bank BPD Bali betul – betul dilaksanakannya secara serius. Sehingga saat ini masyarakat mudah melakukan proses transaksi, karena Pemerintah Provinsi Bali dan Bank BPD Bali telah bekerja sama menyediakan sistem transaksi secara digital dengan menggunakan aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Bank BPD Bali.

“Bapak Gubernur Wayan Koster juga menjembatani terwujudnya penggunaan fasilitas Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) Bank BPD Bali sejak akhir tahun lalu. Kerja sama ini merupakan terobosan perluasan digitalisasi untuk membuat proses transaksi menjadi lebih cepat, efisien, efektif, tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu. Jadi proses transaksi tidak lagi harus menunggu satu minggu atau sampai satu bulan untuk menandatangani Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D),” jelas Eko B. Supriyanto.

Baca juga:  Prajuru Pura Puseh Penegil Dharma dan Krama Kekeran Apresiasi Kepemimpinan Gubernur Koster

Kemudian Gubernur Koster di dalam merealisasikan Program Pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih, tercatat mantan Anggota DPR RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan yang menjalankan prinsip Trisakti Bung Karno salah satunya dengan mewujudkan Berdikari dalam Ekonomi ini telah memberikan fasilitas UMKM berupa kios sebanyak 272 unit dan los sebanyak 198 unit di Area Bencingah dan Area Manik Mas, Kawasan Suci Pura Agung Besakih, Kabupaten Karangasem.

“Jadi, karena itulah Infobank Media Group menganugerahi Bapak Wayan Koster sebagai Gubernur terbaik di Indonesia dengan kategori The Best Governor 2023 in Economic Turn Around by Maximizing BPD to Support SME Sector,” pungkasnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN