Mendaki-Pasca dibuka kembali Wisatawan melakukan aktivitas pendakian ke Gunung Agung. (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Aktivitas pendakian ke puncak Gunung Agung mulai dibuka pasca selesainya pelaksanaan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih, pada Rabu (26/4). Pascadibuka, wisatawan cukup banyak yang melakukan aktivitas pendakian ke gunung yang memiliki ketinggian 3.142 mdpl tersebut.

Koordinator Pendaki Gunung Agung Jalur Pasar Agung, I Wayan Widi Yasa mengungkapkan, pasca dibuka kembali aktivitas pendakian ke Gunung Agung, sejak pagi dini hari cukup banyak wisatawan ingin melakukan pendakian ke Gunung Agung.

Baca juga:  Gas Beracun Mereda, Pendakian Ijen Dibuka Lagi

“Dari hasil koordinasi yang kita lakukan bersama para pemandu yang ada di masing-masing jalur kurang lebih sudah ada sekitar 50 orang yang melakukan pendakian. Jumlah itu hanya yang melakukan pendakian ke Gunung Agung pada saat pagi hari saja, kemungkinan sampai malam nanti jumlahnya akan terus bertambah. Mereka melakukan pendakian melalui beberapa jalur seperti Pasar Agung, Puregai, Besakih dan yang lainnya,” ujarnya.

Baca juga:  Kapal Berbendera China Tenggelam di Samudera Hindia, Belasan WNI Hilang

Widi Yasa, mengatakan, wisatawan yang datang lebih didominasi oleh wisatawan mancanegara yang berasal dari Rusia. Sedangkan wisatawan domestik hanya ada beberapa orang.

Kata dia, selain wisatawan hari ini ada rombongan pemedek dari Selat yang jumlahnya kurang lebih 100 orang juga ikut melakukan pendakian ke Gunung Agung. “Mereka nunas Tirta atau air suci yang berkaitan dengan Karya yang akan dilaksanakan di wilayah setempat,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Diberikan Ide oleh Putri Koster, Kerajinan Pria Ini Laris Manis di PKB
BAGIKAN