Lokasi gempa yang terjadi pada Kamis (20/4). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Kamis (20/4), gempa memgguncang wilayah Kuta Selatan. Peristiwa yang terjadi pukul 00.42.18 WITA ini menurut analisa BMKG berkekuatan magnitudo 4,5.

Episenter terletak pada koordinat 9,65° LS; 115,12° BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 95 km barat daya Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 12 km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho, SE, S.Si, dalam rilisnya mengatakan gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut. Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta Selatan dan Kuta III MMI, Denpasar dan Mataram II.

Baca juga:  Jarang Ditemui, Komoditi Pertanian Lokal Berkualitas

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

Hingga pukul 00.58 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Disarankan untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (kmb/balipost)

Baca juga:  BPK Nilai G20 dan SAI20 Dapat Percepat Pemulihan Ekonomi
BAGIKAN