Regional CEO BRI Denpasar (Bali-Nusa Tenggara), Recky Plangiten. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bank tetap buka dengan memberikan layanan terbatas pada saat cuti bersama Lebaran, yakni 19, 21, dan 24 April 2023. Layanan terbatas Bank BRI khususnya, akan hadir di 21 unit kerja di Provinsi Bali, NTB, dan NTT.

Adapun Unit Kerja BRI di Bali yang melayani layanan terbatas, di antaranya Kanca Gajah Mada Denpasar, Kanca Negara, Kanca Semarapura, Kanca Kuta, Kanca Gianyar, Kanca Singaraja, dan Kanca Amlapura. Regional CEO BRI Denpasar (Bali-Nusa Tenggara), Recky Plangiten, Selasa (18/4) mengatakan, BRI berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan yang optimal selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Layanan terbatas BRI akan melayani penerimaan setoran penebusan DO BBM/ non BBM dari SPBU/ Merchant, layanan pick-up service ASDP dan HM Sampoerna, dan pembukaan rekening untuk kebutuhan klaim asuransi kecelakaan Jasa Raharja. Juga layanan weekend banking yang meliputi pembukaan rekening simpanan, penarikan dan setoran rekening simpanan dan pinjaman, pelayanan kartu debit BRI, registrasi fasilitas e-banking BRI, setoran penerimaan negara, complain handling, dan layanan lainnya.

Baca juga:  Jaringan Internet di Badung “Mogok”

Recky menuturkan sebagai langkah antisipasi kebutuhan masyarakat akan uang tunai, BRI Regional Office Denpasar juga telah mempersiapkan kebutuhan kas dengan total Rp 1,2 triliun yang dialokasikan untuk mesin ATM, CRM, dan layanan Unit Kerja Operasional (UKO). Jumlah ini telah mempertimbangkan danya migrasi atau bergesernya pola transaksi nasabah BRI dari sebelumnya transaksi tunai menjadi transaksi digital atau non-tunai

Selain outlet konvensional, masyarakat memiliki alternatif lain untuk mendapatkan layanan keuangan BRI diantaranya melalui 734 mesin ATM, 457 mesin CRM, dan 14.277 Agen BRILink yang tersebar di Provinsi Bali dan Nusa Tenggara.

Baca juga:  Right Issue Oversubscribed, BRI Berhasil Kumpulkan Dana Rp 95,9 triliun

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan, sehubungan dengan adanya Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama bertepatan dengan Idul Fitri 1444H/ Tahun 2023, kegiatan operasional di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali yang meliputi layanan penyelenggaraan sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Kegiatan Operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), kegiatan pertukaran warkat debet dan Layanan Kas pada tanggal 19 -25 April 2023 ditiadakan (tidak beroperasi).

Baca juga:  Hari Ini, 76 Persenan Kasus COVID-19 Baru Ada di Empat Kabupaten/Kota

Selanjutnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali akan kembali membuka layanan seperti biasanya pada Rabu, 26 April 2023 sesuai jadwal yang berlaku. Sehubungan dengan hal tersebut, kebutuhan transaksi keuangan masyarakat pada masa libur Idul Fitri dapat melalui layanan operasional terbatas di beberapa perbankan dan penyediaan ATM sebagai sarana untuk melakukan transaksi secara non tunai dan penarikan uang tunai.

Bank Indonesia juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai di antaranya melalui internet banking, mobile banking, QRIS dan BI-FAST.Layanan penyelenggaraan Sistem BI-FAST tetap dilaksanakan secara normal seluruhnya sesuai jadwal yang berlaku (beroperasi 24 jam 7 hari). (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN