I Made Adi Yasa (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pembangunan Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih yang dilaksanakan Gubernur Bali, Wayan Koster betul – betul memberikan manfaat untuk masyarakat Bali. Rasa nyaman, aman, tertib, hingga kesan bersih dan indah di Kawasan Suci Besakih yang memiliki pesona Gunung Agung ini sangat dirasakan oleh pamedek saat melaksanakan persembahyangan pada Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih.

Bahkan, para pamedek dengan sadarnya mengajak seluruh masyarakat yang bersembahyang ke Besakih agar mengikuti ajakan Gubernur Koster dengan tertib dan disiplin menjalankan Surat Edaran Nomor : 03 Tahun 2023 Tentang Tatanan Baru Bagi Pamedek/Pengunjung Saat Memasuki dan Berada di Kawasan Suci Pura Agung Besakih Selama Pelaksanaan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh.

I Made Adi Yasa dari Kabupaten Badung yang memanfaatkan tempat Parkir Kedungdung (Asti Mandala) menyampaikan pengelolaan parkir di Kawasan Suci Pura Agung Besakih saat ini sungguh sangat bagus, teratur, dan petugasnya juga telah mengatur dengan baik dan rapi. Selaku pamedek ia merasa sangat nyaman, apalagi dari Parkir Kedungdung dijemput oleh kendaraan gratis menuju Area Manik Mas.

Baca juga:  Desa Adat Tegenan Gelar Upacara Ngaben Kinembulan

“Atau boleh dikatakan kondisi sekarang dengan yang dulu, jauh lebih bagus dari pada yang dulu. Untuk itu, kami menghaturkan terimakasih kepada Bapak Gubernur Bali, Wayan Koster yang telah hadir menata kawasan suci ini untuk kepentingan masyarakat Bali,” ujar Made Adi Yasa.

Wayan Sukses selaku Komisaris PT. Bali Sukses Transportasi menyampaikan dirinya ke Besakih bersama seluruh staff. Setiba di Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih ini, ia merasakan telah mendapat pelayanan yang sangat bagus. Karena fasilitas parkirnya sudah ditata rapi. “Ketika kita sudah tiba di pelataran Parkir Kedungdung, kita sudah disiapkan kendaraan gratis menuju Area Manik Mas,” ujarnya.

Untuk itu, mudah – mudahan pelayanan ini terus ditingkatkan sehingga terciptanya kenyamanan dalam bersembahyang. “Kami atas nama perusahaan dan sebagai masyarakat Bali, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Bali, dalam hal ini kepada Bapak Gubernur Bali, Wayan Koster yang telah memberikan pelayanan sangat bagus kepada Kami semua,” katanya.

Pada kesempatan ini, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang akan berkunjung ke Besakih agar secara bersama – sama menjaga fasilitas yang sudah disediakan dengan bagus ini dengan baik, untuk mewujudkan kenyamanan bersama dan terciptanya kebersihan di Pura Agung Besakih. “Kalau di pura saja bisa kita menjaga kebersihan, maka akan memberikan dampak besar kepada pariwisata Bali,” tandasnya.

Baca juga:  KMP Kandas Terseret Arus di Perairan Gilimanuk, Puluhan Penumpang Dievakuasi

Gede Julius dari Gianyar yang sedang memanfaatkan Gedung Parkir Barat Area Manik Mas (Kreta Graha Kulon) mengaku bahwa dulu parkir di Besakih belum tertata secara rapi, sedangkan sekarang terkesan wah. “Titiang baru masuk kesini, care (seperti,red) ke mall, kondisinya sangat mewah dan mobil kita lebih aman, tidak terkena hujan atau tidak kepanasan,” ucapnya seraya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Koster, dan berharap terus melanjutkan penataan kawasan suci ini agar semakin baik. Karena sekarang fasilitas di Besakih sudah sangat baik, ia mengajak kepada krama Bali agar secara bersama – sama menjaga kebersihan kawasan suci ini, dan menjaga fasilitas ini agar tetap dalam keadaan rapi, serta lingkungannya semakin bersih.

Made Pageh selaku penjual sate Babi di Kios Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih menyatakan sebelumnya dirinya menjual sate di Area Bencingah Agung secara emperan dan tidak nyaman dengan menggunakan payung akibat yang tidak tertata serta sangat sembrawut sebelumnya. Namun sekarang setelah ditata dan mendapatkan kios gratis, ia mendapatkan nuansa baru dalam berjualan. Lebih nyaman, dan berharap lebih mendapatkan rezeki. “Saya berharap pamedek memanfaatkan fasilitas kios ini sebagai tempat peristirahatan, sehingga kita mendapatkan rezeki saat berlangsungnya Upacara Ida Bhatara Turun Kabeh. Titiang juga ngaturang suksma ring Bapak Gubernur Bali, Wayan Koster sampun ngicenin (memberikan,red) kios niki, demogi niki berkelanjutan dan memberikan manfaat kesejahteraan kepada kami selaku pedagang,” tandas Made Pageh.

Baca juga:  Gubernur Koster Kecewa Hasil Akhir Pelabuhan Sampalan Nusa Penida 

Melia salah satu Pamedek asal Kota Singaraja menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Koster. “Sekarang kawasan di Besakih bagus, penataannya sangat bagus, Besakih menjadi lebih rapi dan bersih, tidak seperti kayak dulu lagi,” ujar Melia seraya berharap pelayanan kendaraan buggy kepada ibu – ibu yang membawa anak balita agar diutamakan oleh petugas dari Parkir Manik Mas menuju halaman atas di Bencingah. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN