Prosesi upacara pemelastian pralingga Ida Bhatara di Pura Agung Besakih serangkaian Upacara Tawur Tabuh Gentuh dan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih 2023 dilaksanakan ke Toya Sah yang berlokasi di Banjar Dinas Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Senin (3/4). (BP/nan)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (3/4) sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Melasti IBTK Besakih Diikuti Ribuan Umat Hindu

AMLAPURA, BALIPOST.com – Prosesi upacara pemelastian pralingga Ida Bhatara di Pura Agung Besakih serangkaian Upacara Tawur Tabuh Gentuh dan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih 2023 dilaksanakan ke Toya Sah yang berlokasi di Banjar Dinas Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Senin (3/4). Ribuan umat Hindu mengiringi pelaksanaan upacara pemelastian tersebut.

Berdasarkan pantauan, sejak pagi krama sudah berdatangan untuk mengikuti upacara pemelastian tersebut. Mereka berkumpul di Pura Penataran Agung yang merupakan titik lokasi pralingga Ida bhatara akan dipundut.

Selengkapnya baca di sini

Baca juga:  Seratusan Pajabat Pemkab Buleleng Dimutasi

2. Dicekoki Miras, Perempuan Remaja Ditemukan Tergeletak di Sawah

MANGUPURA, BALIPOST.com – Seorang perempuan remaja berinisial NI (18) ditemukan tergeletak di sawah dalam kondisi pakaian acak-acakan di jalan menuju Perumahan Permata Anyar, Lukluk, Mengwi, Badung, Senin (3/4). NI beralamat di Jalan Drupadi, Denpasar, diduga dicekoki miras hingga mabuk lalu ditelantarkan di TKP.

“Saat ditemukan warga, NI dalam keadaan pingsan di TKP. Sedangkan situasi di TKP gelap karena tidak ada lampu penerang. Awalnya warga menduga gadis tersebut korban pemerkosaan,” kata sumber.

Selengkapnya baca di sini

3. Viral Wisman Adu Mulut dengan Polisi, Menko Marves akan Tertibkan Pariwisata Bali

JAKARTA, BALIPOST.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) mengatakan akan melakukan penertiban sektor pariwisata di Bali. Bentuknya mulai dari penindakan pelanggaran ketertiban umum, pajak turis masuk hingga seleksi terhadap WNA dari negara yang kerap bermasalah.

Baca juga:  Bawa Kokain 2 Kilo, Pria Ini Diringkus

Menurut Luhut, Bali harus kembali pada peta jalan transformasi pariwisata dari mass tourism ke pariwisata berkualitas (quality tourism). Hal ini dikemukakannya, menyusul viralnya video wisatawan mancanegara (wisman) yang adu mulut dengan polisi saat ditilang di Bali.

Selengkapnya baca di sini

4. RUU Provinsi Bali Disahkan 4 April, Gubernur Koster Mohon Doa Restu Masyarakat

DENPASAR, BALIPOST.com – Rancangan Undang-Undang (RUU) Provinsi Bali akan diputuskan dalam Rapat Paripurna, Selasa (4/4) ini. Jadwal ini lebih cepat dari rencana awal. “Astungkara besok berjalan lancar dan sukses. Mohon doa restu semua pihak,” ujar Gubernur Bali, Wayan Koster, Senin (3/4),

Sebagai Gubernur Bali, Wayan Koster menghimbau masyarakat Bali dari semua umat beragama, dan seluruh komponen masyarakat Bali untuk berdoa dengan keyakinan dan cara masing-masing, agar Rapat Paripurna DPR RI berjalan lancar dan sukses.

Baca juga:  Visakha Permalukan Bali United

Selengkapnya baca di sini

5. Larangan Sepeda Listrik di Pantai Sanur Terlambat

DENPASAR, BALIPOST.com – Dinas Pariwisata Denpasar mengeluarkan kebijakan mulai Sabtu (1/4) lalu, penggunaan sepeda listrik di Kawasan pedestrian Pantai Sanur dilarang. Hal ini untuk memberikan kenyamanan warga yang melakukan jogging atau jalan-jalan di sepanjang kawasan tersebut. Larangan ini mendapat reaksi dari sejumlah anggota dewan Denpasar.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Denpasar, A.A. Susruta Ngurah Putra, Minggu (2/4) menilai apa yang dilakukan Pemkot Denpasar melalui Dinas Pariwisata terkesan lambat. Karena semestinya sejak penataan dirancang, semua regulasi terkait dengan kawasan Sanur harus sudah siap. “Saya kira Pemkot terlambat,” ujarnya.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN