Politisi Golkar Dito Ariotedjo bersama istri, Niena Kirana Riskyana, dan anak Sadia Kiera Nadashana, tiba di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Politisi muda Partai Golkar Dito Ariotedjo resmi menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga. Dito dilantik Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4).

Pelantikan Dito Ariotedjo berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 26/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap Dito dilakukan berbarengan dengan pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel. Selanjutnya Presiden mengambil sumpah kepada Dito sebagai Menpora baru sekaligus Rycko sebagai Kepala BNPT.

Baca juga:  Novanto Tak Akan Mundur dari Ketua DPR RI

Dito Ariotedjo dikutip dari Kantor Berita Antara, menggantikan Zainudin Amali yang telah mengajukan surat pengunduran diri selaku Menpora sejak 9 Maret 2023. Amali mundur karena ingin fokus menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Sementara Presiden Jokowi sebelumnya menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas Menpora.

Dito Ariotedjo adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito diketahui menjadi Ketua Panitia HUT Ke-58 Golkar pada tahun lalu.

Baca juga:  198 Orang Tewas Akibat Operasi Militer Rusia

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu adalah pengusaha yang pada 2021 bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport.

Di bidang olahraga, Dito pernah pernah menjadi Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Ia kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). Sejak April 2022, Dito masuk ke dalam jajaran Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. (kmb/balipost)

Baca juga:  168.916 Napi dan Anak Berhadapan Dengan Hukum Dapat Remisi
BAGIKAN