Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu meyerahkan SPS Award kepada Pemimpin Redaksi Bali Post Dira Arsana pada acara SPS Award 2023 di Hotel Marlyn Park, Jakarta Senin (20/3) malam. (BP/kmb)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kolaborasi dan inovasi pers ke depan menjadi salah satu strategi untuk bertahan dan menjaga kemadirian di tengah kondisi pers yang tak baik-baik saja. Inovasi dan tanggung jawab pers merawat nasionalisme dan NKRI wajib menjadi identitas pers dan karya jurnalistik.

Pers harus tetap menjaga integritasnya dalam menjaga entitas bisnis dan idealismenya. Adaptasi pers terhadap dunia digital menjadi hal mutlak. Demikian disampaikan Januar P. Ruswita, Ketua Umum SPS Pusat saat Serikat Perusahaan Pers (SPS) Award 2023 di Jakarta, Senin (20/3).

Baca juga:  Kurangi Mobilitas, Luhut Minta Belajar Daring dan WFH saat KTT G20

Ketua Umum SPS mengatakan pers akan tetap bangkit dan tumbuh menjadi pencerah informasi. Ini dibuktikan dengan masih banyaknya terbit karya karya jurnalistik berkualitas dan sarat spirit nasionalisme di tengah pandemi dan disrupsi media cetak.

Tahun ini Bali Post koran nasional yang terbit di Bali kembali meraih penghargaan IPMA (Indonesia Print Media Award) 2023. Penghargaan serupa sudah berulang kali diterima Bali Post dari berbagai kategori. Tahun ini Bali Post meraih anugrah kategori Silver Winner yang diserahkan oleh Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu kepada Pimpinan Redaksi Bali Post Dira Arsana.

Baca juga:  Update COVID-19: Bali Punya Dua Kabar Gembira!!

Pada acara SPS Award 2023 dengan tema Kolaborasi dan inovasi mengawal kemandirian pers, Yanuar juga menegaskan pers jangan pesimis menghadapi tantangan media cetak saat ini. Pers harus tetap hadir dan kreatif  dalam menyediakan informasi publik yang valid dan berkualitas. “Merawat jurnalisme adalah satu cara untuk memperkokoh nasionalisme dan menjaga NKRI. Jurnalisme profesional lewat karya jurnalistiknya mesti megedukasi dan merawat kebangsaan. Pers profesional dan kredibel haruslah menjadi jati diri,” tegasnya.

Baca juga:  Bupati Artha Ikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi RI Secara Virtual, Sembako Diserahkan untuk Veteran

Pada acara SPS Award 2023 di Jakarta diawali dengan pengenalan pengurus Pusat SPS Pusat hasil Kongres Medan 7 Februari 2023. Pengurus SPS Pusat periode 2023 -2027 posisi Ketua Dewan Pertimbangan Satria Naradha dan Sekretaris H. Syafriadi. Posisi Ketua Umum Januar P. Ruswita dan Sekretaris Asmono Wikan. Januar dan Asmono Wikan terpilih secara aklamasi saat Kongres SPS Medan 2023. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *