Raja Sapta Oktohari. (BP/Antara)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) mengumumkan ANOC World Beach Games 2023 bakal digelar di empat kluster lokasi di Bali. Keempat kluster itu adalah Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, dan Canggu pada 5–12 Agustus 2023.

Menurut Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari pada sela-sela kegiatannya di Kuta, Badung, Rabu (1/3), venue sudah final. Pada 28 April pihaknya akan mengadakan pertemuan. “Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan ANOC sebagai principal. Semoga berjalan lancar,” katanya.

Ia menjelaskan sebagian besar pertandingan bakal berlangsung di Nusa Dua dan Jimbaran. Namun, ada beberapa pertandingan yang akan digelar di Kuta, dan Canggu. Walaupun demikian, lokasi untuk upacara pembukaan ANOC World Beach Games 2023 belum dipastikan lokasinya.

Baca juga:  Ini, Sejumlah Kegiatan Kerumunan Sebabkan Lonjakan Kasus di Jakarta

“Untuk opening-nya, kami akan cari alternatif, karena GWK sering dipakai. Jadi, saya minta masukan kepada Gubernur Bali (I Wayan Koster, red.) untuk lokasi mana yang memungkinkan menerima 1.600 kontingen,” kata Raja.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia itu juga meminta dukungan dari masyarakat Bali untuk turut serta menyukseskan ANOC World Beach Games 2023 di Pulau Dewata. “Saya mohon dukungan masyarakat Bali, dan apa yang kami perjuangkan nanti ada 205 negara datang sekaligus ke Indonesia. Ini merupakan kebangkitan. Jika dulu pada 2008 pascabom Bali ada Asian Beach Games, sekarang setelah Covid-19 ada ANOC World Beach Games. Mudah-mudahan ini akan membangkitkan pariwisata Indonesia,” katanya dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Astra Motor Bali Gelar Fun Touring Honda Genio

Indonesia menjadi tuan rumah edisi kedua AWBG pada 5-12 Agustus 2023 di Bali. Ajang itu akan mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu aquathlon, bola tangan pantai, sepakbola pantai, tenis pantai, voli pantai 4×4, polo air pantai, gulat pantai, karate disiplin kata perorangan, selancar layang, serta renang perairan terbuka 5km, basket 3×3, beach sprint rowing, surfing, dan airbadminton.

AWBG merupakan ajang olahraga pantai multicabang terbesar yang diikuti kurang lebih 1.500 atlet dari lebih dari 130 negara. Kompetisi itu juga bakal dihadiri perwakilan dari 205 Komite Olimpiade Nasional (NOC), 36 federasi cabang olahraga internasional dari berbagai negara, serta para petinggi organisasi internasional olahraga di antaranya pimpinan IOC, dan Badan Anti-Doping Dunia WADA. (kmb/balipost)

Baca juga:  Pura Taman Pacampuhan Sala, Dilengkapi 9 Pancuran dari Mata Air Berbeda
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *