Para petugas menurunkan logistik WSBK dari dalam Pesawat Qantas Airways jenis Boeing 747-400F yang mendarat di Bandara Lombok, di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (BP/Ant)

MATARAM, BALIPOST.com – Logistik ajang balap motor World Superbike (WSBK) 2023 tiba di Bandara Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Logistik seberat hampir 100 ton itu diangkut dengan Pesawat Qantas Airways jenis Boeing 747-400F.

“Alhamdulillah proses unloading muatan pesawat pertama pengangkut logistik WSBK 2023 ini berjalan dengan baik dan lancar semalam,” kata Manager Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, NTB, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (28/2).

Selanjutnya, kata dia, logistik WSBK 2023 tersebut dibawa menggunakan 13 unit truk menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Baca juga:  Piala Soeratin Tahun Ini Mulai Usia Dini

Rahmat menambahkan rencananya akan ada satu lagi pesawat pengangkut logistik WSBK 2023, yaitu Kargo Xpress dengan jenis Boeing 737-800F. Pesawat bernomor penerbangan KXP267 itu akan berangkat dari Kuala Lumpur, Malaysia dan dijadwalkan mendarat di Bandara Lombok pada Rabu (1/3) pukul 06.30 Wita.

“Untuk mendukung kesuksesan perhelatan internasional WSBK 2023 di Mandalika, kami sudah sangat siap. Infrastruktur, fasilitas, maupun sumber daya manusia siap melayani kedatangan maupun kepulangan logistik, pembalap, kru balap, serta para penonton ajang ini,” ujarnya.

Baca juga:  Judo Ditargetkan 5 Emas di PON Papua

Sejak 2021, kata dia, Bandara Lombok telah berhasil menuntaskan proyek pengembangan bandara dalam upayanya mendukung keberadaan Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN) Mandalika maupun event-event internasional yang digelar di NTB.

Apron Bandara Lombok juga sudah diperluas dari 108.100 meter persegi menjadi 136.300 meter persegi sehingga mampu menampung konfigurasi 10 unit pesawat narrow body dan 6 unit pesawat wide body atau 18 unit pesawat narrow body serta 2 unit pesawat wide body.

Rahmat menambahkan landas pacu Bandara Lombok yang sebelumnya memiliki panjang 2.750 meter juga telah diperpanjang menjadi 3.300 meter serta ditingkatkan daya dukungnya sehingga mampu melayani operasional pesawat sekelas Boeing 777.

Baca juga:  Selama Januari-April, Puluhan Ribu PMI Pulang

Dari sisi fasilitas kargo juga sudah dilakukan pengembangan berupa pembangunan akses jalan sepanjang 1.500 meter dan pembangunan pelataran kargo seluas 6.000 meter persegi yang dapat menampung sebanyak 40 truk kargo untuk mendukung arus logistik.

“Selain itu, terminal penumpang juga diperluas menjadi 43.501 meter persegi dan mampu melayani sebanyak tujuh juta penumpang dari yang sebelumnya hanya 3,5 juta penumpang per tahun,” katanya. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN