Wisatawan mancanegara asal China disambut kesenian Barongsai setibanya di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (22/1/2023). (BP/Dokumen Antara)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pascaadanya penerbangan carter dari Tiongkok ke Bali, kini penerbangan langsung dari Tiongkok kembali akan beroperasi. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjokorda Bagus Pemayun, penerbangan dari Tiongkok sudah ada 3 hingga 4 maskapai yang mengajukan.

Salah satunya adalah penerbangan langsung dari Xiamen Airlines dengan rute Bali-Xiamen akan kembali beroperasi secara rutin seperti sebelum pandemi Covid-19, mulai 3 Maret 2023. Mereka akan menerbangi rute ini setiap hari.

Baca juga:  Gubernur Koster Gelar Upacara Jana Kerthi Pada Rahina Tumpek Landep di Pura Pangukur-ukur

Selain Xiamen Airlines, sejak Desember 2022 hingga Maret 2023, sudah ada 13 maskapai dari berbagai negara yang mengajukan penerbangan langsung ke Bali. “Kalau dari Tiongkok sendiri kurang lebih 3-4 maskapai yang mengajukan. Selama ini kan carter, sekarang sudah daily yang Xiamen,” ujarnya belum lama ini.

Berdasarkan surat resmi dari General Manager Xiamen Airlines Jakarta Office dan Bali Division, Zhang Qi, diketahui bahwa penerbangan langsung perdana dari Xiamen akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pintu ketibaan penerbangan MF891 pada, Jumat, 3 Maret 2023 pukul 22.30 WITA. Penerbangan ini juga berbarengan dengan awal musim semi di Tiongkok.

Baca juga:  Dibanding Sehari Sebelumnya, Korban Jiwa COVID-19 Bali Tambah Lebih Banyak

Rute penerbangan ini, akan menjadi penerbangan asal daratan Tiongkok pertama yang memulai penerbangan komersial berjadwal rute Bali-Tiongkok.

Sementara itu, Handy Heryudhitiawan, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, mengaku telah menerima informasi dari maskapai terkait rencana penerbangan langsung dari Republik Rakyat Tiongkok. Setelah rute dari Taipei dan Hong Kong, dalam waktu dekat akan dilayani kembali penerbangan reguler dari RRT yaitu dari Xiamen. “Penerbangan tersebut dilayani oleh Xiamen Airlines dengan frekuensi sebanyak satu kali dalam satu hari dalam satu minggu. Rute detailnya yaitu Xiamen-Bali pukul 23.15 Wita, sedangkan Bali-Xiamen dilayani pukul 00.15 Wita,” ucapnya, Minggu (26/2). (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Dari Wakapolda Bali Juga Diganti hingga Sertijab Kapolda, Ini Kata Kabid Humas
BAGIKAN