Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – QS World University Rankings telah mengeluarkan daftar peringkat universitas di dunia pada tahun 2023. Universitas terbaik di dunia memiliki sistem pendidikan yang sangat maju dan melahirkan lulusan terbaik di bidangnya.

Berikut lima universitas terbaik di dunia menurut QS World University Rankings 2023 :

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat

MIT merupakan istitusi riset swasta dan universitas yang berlokasi di kota Cambridge, Massachusetts, tepatnya di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. Didirikan pada 1861, MIT merupakan respons atas kemajuan teknologi dan industri pada saat itu.

Departemen dan sekolah yang paling populer di universitas ini adalah Lincoln Laboratory, Computer Science and Artificial Intellegence Laboratory, Media Lab, Whitehead Institute, dan Sloan School of Management. Universitas ini merupakan sekolah bagi para tokoh-tokoh terkenal, beberapa di antaranya yaitu astronot Apollo 11 Buzz Aldrin, Mantan Sekjen PBB Kofi Annan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, hingga Gubernur Bank Federal Reserve Ben Bernanke.

Baca juga:  Menpar Arief Yahya "Mencuri" Award di Kandang Thailand

2. University of Cambridge, Inggris

Universitas ini merupakan salah satu universitas tertua dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Inggris. University of Cambridge memiliki sejarah yang panjang dalam pendiriannya, yaitu ketika terjadi kerusuhan antara beberapa sarjana Oxford dengan warga atau dikenal dengan istilah “town and Gown”. Kerusuhan tersebut mengakibatkan para sarjana kabur ke kota kecil yang bernama Cambridge.

Hingga berdirilah University of Cambridge yang didirikan oleh para sarjana yang kabur dari Oxford pada waktu itu. Berbeda dengan di Indonesia, universitas ini memiliki enam divisi pendidikan yang membawahi seluruh fakultas, yaitu Divisi Seni dan Humaniora, Divisi Sastra dan Ilmu Sosial, Divisi Ilmu Biologi, Divisi Ilmu Fisika, Divisi Obat Klinis, dan Divisi Teknologi.

3. Stanford University, Amerika Serikat

Stanford University didirikan pada tahun 1885 oleh Leland dan Jane Stanford untuk mengenang anak tunggal mereka, Laland Stanford, Jr., yang meninggal dunia karena tipus. Universitas ini merupakan univerisitas swasta terbesar di dunia yang terdiri dari Sekolah Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, Bisnis, Ilmu Bumi, Humaniora, dan Sains.

Baca juga:  Isuzu Berikan Beasiswa untuk Anak Berprestasi

Aktris cantik dan pintar asal Indonesia, Maudy Ayunda, merupakan salah satu lulusan Stanford University. Beberapa alumni Stanford University yang terkenaal adalah pendiri Google Sergey Bin dan Larry Page, aktris Hollywood Sigourney Weaver, serta pendiri PayPal Peter Thiel.

4. University of Oxford, Inggris

University of Oxford merupakan perguruan tinggi tertua di Inggris. Tanggal berdirinya universitas ini masih belum diketahui, tapi proses belajar mengajar diperkirakan telah dimulai sejak tahun 1096. University of Oxford terdiri dari berbagai institusi, termasuk 39 kolase konstituen dan beragam departemen akademik yang dibagi menjadi empat Divisi.

Universitas ini telah melahirkan banyak alumni terkemuka, dan 58 penerima Hadiah Nobel pernah belajar atau memiliki afiliasi dengan University of Oxford. Sebelum kuliah di Stanford University, Maudy Ayunda telah menempuh pendidikan S1 di University of Oxford.

Baca juga:  Bangli Satu-satunya Kabupaten di Bali Belum Dapat Predikat KLA

5. Harvard University, Amerika Serikat

Harvard University merupakan universitas swasta tertua di Amerika Serikat yang menjadi anggota Ivy League, yaitu asosiasi delapan universitas Amerika Serikat yang dikenal dengan kesempurnaan akademis dan elitism akademis. Universitas ini merupakan salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar di antara universitas lain di seluruh dunia.

Sebagai universitas yang bergengsi, universitas ini memiliki fasilitas yang memadai, salah satunya adalah perpustakaan. Harvard memiliki sebuah perpustakaan yang sangat besar dan di dalamnya terdiri dari 174.000 judul serial yang diperkirakan terdapat 400 juta buah naskah, 10 juta foto, dan 56 juta halaman web yang terarsipkan dalam penyimpanan sebesar 5,4 terabyte yang terbentuk naskah digital. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *