Sepatu Ventela. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Saat ini kualitas produk-produk lokal tidak kalah bagusnya dengan produk luar negeri, salah satunya adalah produk sepatu. Kini di Indonesia telah hadir beberapa brand lokal yang memproduksi sepatu berkualitas, bahkan berhasil sampai ke pasar internasional.

Brand-brand tersebut memiliki keunikan tersendiri, berikut empat brand sepatu lokal yang memiliki keunikan :

1. Pijak Bumi

Nama Pijak Bumi terinspirasi dari Earthing, dapat diartikan sebagai kontak langsung antara manusia dengan bumi tanpa menggunakan alas kaki. Brand ini juga turut menggerakan kampanye lingungan sosial dengan tagar #ForBetterEarth, dengan memberdayakan masayrakat untuk mengonsumsi lebih sedikit produk energi serta melestarikan sumber daya alam.

Baca juga:  Jokowi: Guncangan Ekonomi Sebabkan 47 Negara Jadi Pasien IMF

Selain itu, brand ini juga bekerja sama dengan illustrator, seniman, penggiat bidang lingkungan, bahkan berbagai komunitas untuk memperluas dampak kampanye mereka. Seiring dengan kampanye tersebut, Pijak Bumi menggunakan bahan yang ramah lingkungan dalam produksinya.

2. Ventela

Ventela Shoes mulai diperkenalkan pada tahun 2017 oleh William Ventela, seorang pemilik pabrik sepatu vulkanisir sejak tahun 1989 di Bandung. Brand ini memiliki berbagai macam jenis dan model yang cocok digunakan untuk berbagai jenis kegiatan.
Produksi brand sepatu ini melalui proses yang panjang dan detail, mulai dari pemilihan material, proses produksi hingga pemeriksaan kualitas yang ketat.

Baca juga:  Inflasi Bali Januari-Juli, Dari 2,31 Persen Merangkak ke 6,73 Persen

3. Adorable Projects

Adorable Projects merupakan brand lokal asal Bandung yang didirikan pada tahun 2008 oleh sepasang kekasih dengan modal awal Rp180.000. Awalnya, mereka hanya memproduksi aksesoris yang berasal dari limbah akrilik.
Bisnis yang semakin berkembang mendorong mereka untuk memproduksi berbagai macam produk, salah satunya adalah sepatu. Seperti namanya, Adobrable Projects memproduksi produk-produk dengan desain yang lucu dan warna yang menarik.

Baca juga:  Money Changer Bodong di Kuta "Tiarap"

4. Aerostreet

Berawal dari menjual sepatu sekolah, Adhitya, pendiri Aerostreet, mulai mengembangkan bisnisnya dengan menawarkan model lain dan menambah variasi produk. Aerostreet memproduksi sepatu berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Selain memiliki harga yang terjangkau, brand sepatu ini juga memiliki desain yang unik dan kerap berkolaborasi dengan brand-brand lain. Penjualan sepatu Aerostreet juga telah mencapai pasar global, seperti Singapura dan Malaysia. (kmb/balipost)

BAGIKAN