Ilustrasi mengonsumsi makanan sehat. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Seiring bertambahnya usia kamu akan menyadari bahwa kamu cepat pikun atau mudah lupa. Perlahan kamu akan lupa menaruh barang di mana, lupa dengan jadwalmu, hingga lupa mengerjakan tugasmu. Kondisi ini dialami oleh hampir banyak orang.

Untuk mengatasi kondisi pikun atau lupa, berikut tips yang bisa kamu ikuti, dilansir dari berbagai sumber :

1. Buat Catatan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan jika kamu lupa ada membuat catatan. Kamu bisa membuat catatan kecil yang mudah dibawa atau bisa juga menggunakan catatan di aplikasi smartphone. Dalam catatan tersebut, kamu bisa menulis apa saja yang harus kamu lakukan, jadwalmu pada hari itu, atau tugas yang harus kamu kerjakan.

2. Letakkan Setiap Barang pada Tempatnya

Baca juga:  Lonjakan Kasus Positif COVID-19 di Bali Ibarat "Cuci Gudang"

Kamu mungkin sering lupa tempat meletakkan barang yang sebelumnya kamu gunakan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menerapkan pola hidup yang teratur. Tentukan di mana kamu akan menaruh suatu barang dan saat kamu memakainya, letakkan barang tersebut di tempat semula.

3. Istirahat yang Cukup

Salah satu cara agar tidak mudah lupa adalah istirahat yang cukup, termasuk tidur yang cukup. Kualitas tidur dapat membantu menguatkan ingatanmu. Kebutuhan tidur setiap orang berbed-beda tergantung usia. Biasanya, orang dewasa membutuhkan waktu tujuh hingga sembilan jam per hari untuk tidur. Sementara itu, terjaga selama 12 jam dapat menurunkan kemampuan memori untuk mengingat.

4. Terapkan Pola Hidup Sehat

Terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan rutin berolarhaga. Makanan yang sehat tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk kesehatan otak. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Kamu juga bisa memilih sumber protein rendah lemak, seperti kacang, ikan, dan ungags (tanpa kulit).

Baca juga:  Ada Kasus COVID-19, Puluhan Siswa SMPN 1 Jalani PCR

5. Senam Otak

Senam otak yaitu aktivitas melatih otak agar terhindar dari pikun. Senam otak membuat otak tetap aktif bekerja. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk membuat otak tetap aktif adalah dengan mengisi teka-teki silang, sudoku, bermain catur, bermain puzzle, dan memainkan permainan lainnya yang membutuhkan kerja otak.

6. Mengelola Stres

Selain dapat menaikkan tekanan darah dan menurunkan kekebalan tubuh, stres juga dapat membuat kinerja memori menurun. Untuk mengelola stres, kamu bisa melakukan aktivitas yang dapat membuatmu tenang, seperti meditasi atau berkumpul bersama keluarga.

Baca juga:  Anak Dibiarkan Sering Main Gadget, Hati-hati Jadi Pelupa

7. Membaca

Membaca buku dapat melatih kemampuan kognitif otak. Jika kamu belum terbiasa membaca, kamu bisa memulainya dari sekarang. Tentukan waktu yang tepat untuk membaca dan pilih buku yang kamu sukai.

Membaca akan membuat otakmu mudah dalam berkonsentrasi dan menjadikannya biasa berpikir. Selain itu, kamu juga dapat melatih kemampuan visual dan membuat otak menyimpan memori berbagai kosakata baru.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar kamu tidak pikun. Kondisi ini memang sudah biasa, tapi jika kamu mengalami kondisi pikun yang sudah sangat parah, cobalah berkonsultasi ke dokter. (kmb/balipost)

BAGIKAN