Ilustrasi. (BP/ist)

oDENPASAR, BALIPOST.com – Kondisi moody-an atau mood swing merupakan perubahan mood atau suasana hati yang cepat. Orang dengan kondisi ini biasanya akan mengalami perubahan suasana hati dengan cepat karena suatu kondisi.

Misalnya, satu jam yang lalu kamu berbicara dengannya dan dia terlihat gembira, tapi satu jam setelahnya kamu malah melihatnya bad mood

Berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang moody-an mungkin membuatmu lebih berhati-hati karena takut akan menyakiti hatinya. Saat kamu menghadapi orang seperti ini, beberapa cara berikut dapat kamu lakukan :

1. Baca Situasi dan Kondisi

Sebelum kamu mengajaknya berbicara, lihatlah situasi dan kondisi terlebih dahulu, apakah dia sedang good mood atau bad mood. Jika dia sedang bad mood, hindari membicarakan hal-hal yang sensitif dan kamu harus bersiap dengan apa yang terjadi setelahnya.

Baca juga:  Kabupaten Ini, Terbanyak Sumbang Tambahan Korban Jiwa COVID-19

Namun, sebaiknya kamu membicarakan hal-hal yang sensitif ketika dia sedang dalam mood yang bagus agar obrolan juga berjalan lancar.

2. Jangan Mudah Salah Paham

Orang yang cepat berubah mood terkadang tidak bisa dipastikan penyebabnya. Ketika dia berbicara denganmu, tapi sedang dalam kondisi bad mood, belum tentu kamu yang menyebabkan hal itu. Maka dari itu, jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa kamu penyebabnya.

Baca juga:  Masih Fluktuatif, Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Turun dari Sehari Sebelumnya

3. Tanyakan Langsung Padanya

Daripada kamu menebak-nebak apa masalah yang dihadapinya, cobalah untuk menanyakan langsung padanya. Tanyakan padanya apa yang membuatnya bad mood dan jadilah pendengar yang baik. Saat dia bercerita, dengarkanlah terlebih dahulu dan jangan terlalu cepat menghakiminya.

4. Berikan Saran Jika Diminta

Saat dia bercerita mungkin dia membutuhkan saran darimu atau mungkin saja dia hanya bercerita karena dia ingin didengarkan saja. Sebelum kamu menyampaikan tanggapan atau memberinya saran, tanyakan padanya apakah kamu bisa memberinya saran atau tidak. Namun, jika dia tidak membutuhkan saran darimu, jangan memaksanya.

Baca juga:  Taklukkan Menopause

5. Berikan Waktu untuk Sendiri

Terkadang beberapa orang yang moody-an membutuhkan waktu untuk sendiri agar mood mereka kembali bagus seperti semula. Jangan terlalu menekannya dengan berbagai hal, berikan dia waktu dan ruang untuk sendiri agar dia bisa kembali tenang.

Kunci dari menghadapi orang moody-an adalah hadapi dengan tenang dan jangan terlalu cepat salah paham. Berinteraksi dengan orang seperti ini memang membutuhkan usaha yang lebih, tapi seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa. (kmb/balipost)

BAGIKAN