Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Insecure merupakan perasaan kurang percaya diri dan meragukan sendiri. Perasaan ini biasanya muncul saat melihat orang yang lebih baik dari dirimu sendiri, baik itu dalam hal prestasi, fisik, hingga kehidupan.

Jangan meremehkan perasaan insecure, lambat laun perasaan ini dapat mengganggu kesehatan mentalmu. Untuk mengatasi rasa insecure, beberapa car aini dapat kamu lakukan.

Cintai Diri Sendiri

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu tidak perlu terlalu keras terhadao dirimu sendiri. Terima kekurangan yang ada dalam dirimu dengan lapang dada, dan cobalah untuk lebih menggali kelebihan yang ada dalam dirimu. Jangan terlalu fokus pada kekuranganmu, fokuslah pada kelebihanmu. Mencintai diri sendiri akan membuatmu lebih percaya diri, sehingga kamu tidak akan mudah merasa insecure.

Baca juga:  Warga Kecamatan di Karangasem Ini, Meninggal Terinfeksi COVID-19

Jauhi Lingkungan Toxic

Selain faktor dari dalam diri, rasa insecure juga bisa muncul karena lingkungan sekitar yang toxic. Lingkungan toxic merupakan lingkungan yang memberikan pengaruh buruk. Ciri-cirinya yaitu tidak menghargaimu, tidak pernah mendukungmu, tidak pernah ada dalam keadaan sedih, dan terus menerus membicarakan keburukan orang lain. Hindari lingkungan yang seperti itu agar kamu terhindar dari pikiran yang negatif.

Jadi Diri Sendiri

Baca juga:  Terancam Diundur, Program Vaksin JE

Menjadi diri sendiri adalah yang terbaik. Kamu tidak perlu meniru atau menjadi orang lain hanya untuk terlihat baik di mata orang lain. Menjadi diri sendiri juga merupakan bentuk mencintai diri sendiri.

Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Saat kamu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, kamu akan merasa bahwa kehidupannya lebih baik dari kehidupanmu. Perasaan tersebut kemudian akan menumbuhkan rasa insecure. Biasanya, membandingkan diri sendiri dengan orang lain muncul saat kamu bermain media sosial. Di media sosial, kehidupan orang-orang terlihat berjalan mulus dan bahagia, sementara kamu akan merasa iri dan insecure. Untuk menghindari hal ini, kamu juga bisa meminimalisir penggunaan media sosial dan selalu berpikir positif.

Baca juga:  Kembalikan Industri Pariwisata, Wagub Cok Ace Beber Tiga Tahapnya

Perbanyak Bersyukur

Apa pun yang kamu miliki dan yang kamu alami, bersyukurlah kepada Tuhan. Meski kamu memiliki kekurangan, kamu juga memiliki kelebihan. Tetaplah bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan dalam kehidupanmu.

Cobalah untuk melakukan lima cara di atas agar kamu terhindar dari perasaan insecure. Selain itu, selalu ingat bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika kamu kurang dalam suatu hal, maka kamu mungkin memiliki kelebihan dalam hal lain. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *