Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setiap negara menggunakan bahasa yang berbeda-beda. Bahasa Inggris memang bahasa internasional, tapi tidak semua negara cakap menggunakan Bahasa Inggris. Di dunia ini ada lebih dari ratusan bahasa yang dapat kamu temukan.

Belajar bahasa asing bukan hal yang mudah, diperlukan ketekunan dalam mempelajarinya. Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa asing, berikut tips yang dapat kamu ikuti :

1. Tentukan Motivasi

Belajar bahasa asing akan terasa menyenangkan jika kamu menemukan motivasi untuk belajar. Kamu akan merasa lebih semangat untuk belajar. Misalnya, kamu ingin belajar bahasa asing agar dapat pergi ke luar negeri atau agar bisa belajar di luar negeri. Kamu bisa menempelkan kata-kata motivasi atau foto-foto ikon negara dari bahasa yang kamu pelajari di sekitar tempat belajarmu.

Baca juga:  Film Terkenal Ini Diadaptasi dari Novel, Kamu Wajib Nonton

2. Hafalkan Kosa Kata

Mengingat mungkin lebih baik dari menghafalkan, tapi menghafalkan kosa kata satu per satu akan membuatmu lebih mudah mengingatnya. Kamu bisa menghafalkan kosa kata yang berkaitan dengan kehidupanmu sehari-hari dan benda yang ada di sekitarmu.

3. Pelajari Kosa Kata dari Aktivitas Sehari-Hari

Kosa kata baru tidak hanya didapatkan dari buku, tapi juga bisa dari kegiatanmu sehari-hari, misalnya menonton film, mendengarkan musik, atau membaca novel. Saat menonton film jangan gunakan subtitle bahasa Indonesia, coba gunakan subtitle dengan bahasa asing yang sedang kamu pelajari.

4. Latih Kemampuan Berbicara

Baca juga:  Dharma Panuntun Sastra Saraswati Sewana 2022, Memuliakan Air Berarti Memuliakan Kehidupan

Saat belajar bahasa asing, bukan hanya kemampuan menulis dan membaca yang penting, tapi juga kemampuan untuk berbicara. Tidak ada gunanya belajar bahasa asing, jika kamu tidak bisa mengucapkannya. Kamu bisa berlatih mengucapkan bahasa yang kamu pelajari dengan membaca buku dengan suara yang lantang atau bisa juga berdialog dengan temanmu menggunakan bahasa asing.

5. Buat Catatan

Ketika kamu membaca, menonton film, maupun mendengarkan musik, kamu akan banyak menemukan kosa kata baru. Jika kamu hanya sekadar mengingatnya, kamu akan mudah melupakan kata-kata tersebut. Sebaiknya, kamu membuat satu catatan khusus yang berisi kosa kata yang kamu temukan. Jangan lupa untuk menuliskan artinya juga.

Baca juga:  Partisipasi di Pawai PKB ke-44, ISI Denpasar Tampilkan Garapan Baru

6. Gunakan Aplikasi Atau Website

Saat ini ada banyak aplikasi dan website yang dapat menunjang kegiatanmu dalam belajar bahasa asing. Banyak juga aplikasi belajar bahasa asing yang dikemas layaknya sebuah permainan, sehingga belajar akan terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

7. Percaya Diri

Saat kamu akan menerapkan bahasa asing yang telah kamu pelajari, kamu harus percaya diri. Kesalahan adalah hal yang wajar, jadi jangan merasa takut atau terintimidasi. Perasaan seperti itu hanya akan membuatmu semakin takut untuk belajar.

Belajar bahasa asing akan terasa menyenangkan jika kamu niat dan tekun dalam mempelajarinya. Jangan takut dan malas untuk belajar, tetaplah percaya diri. (kmb/balipost)

BAGIKAN