Ilustrasi. (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pola pengasuhan pada anak sejak dini sangat penting karena akan berdampak pada masa depan. Pola pengasuhan yang baik akan membuat anak tumbuh menjadi orang yang baik pula.

Dalam mengasuh anak, ada beberapa sikap yang perlu ditanamkan sejak dini, yaitu sebagai berikut :

  1. Mengucapkan Tolong dan Terima Kasih

Ajarkan si Kecil untuk mengucapkan tolong dan terima kasih kepada orang lain saat meminta atau menerima barang maupun bantuan sekecil apa pun. Ini merupakan sikap dasar yang wajib diajarkan pada anak sejak dini.

Baca juga:  Bertambah, Jumlah Desa Zona Hijau di Tabanan

2. Menghargai Orang Lain

Hindari mengucapkan kalimat seperti “Maklum aja namanya juga anak kecil”. Berhenti memaklumi anak hanya karena dia anak kecil, terutama saat si Kecil merusak barang milik orang lain. Anak yang tumbuh dengan pola pikir seperti itu tidak akan bisa menghargai orang lain.

3. Berani Meminta Maaf

Di usia yang masih kecil, anak-anak akan berbuat banyak kesalan pada orang lain. Saat itulah si Kecil harus diajarkan untuk meminta maaf. Sekecil apa pun masalahnya, ajarkan dia untuk meminta maaf dan berani bertanggung jawab atas kesalahan yang diperbuat.

Baca juga:  Berbagi Bahagia Bersama, BRI Group Salurkan 30.750 Paket Sembako

4. Sikap Religius

Waktu yang tepat untuk mendidik anak agar tumbuh menjadi orang yang taat dengan agama adalah saat anak masih kecil. Pastikan untuk selalu mengajaknya beribadah dan mengajarkannya cara beribadah.

5. Jujur

Sikap jujur penting untuk ditanamkan pada anak agar si Kecil tidak tumbuh menjadi orang yang suka berbohong. Namun, jangan membentak atau memarahi anak untuk berkata jujur, cobalah berbicara dengannya secara perlahan.

6. Disiplin

Tidak hanya disiplin dalam menggunakan waktu, tapi juga disiplin dalam beribadah hingga disiplin untuk diri sendiri. Untuk menumbuhkan sikap disiplin, cobalah membuat beberapa peraturan di rumah, seperti waktu tidur, bermain, hingga beribadah.

Baca juga:  Sekolah Swasta Dilibatkan Dalam PPDB 2021

7. Tanggung Jawab

Tanggung jawab tidak selalu dalam hal-hal besar, bisa juga dalam hal-hal kecil, seperti merapikan barang setelah bermain, berani mengaku saat melakukan kesalahan, hingga berdiri sendiri ketika jatuh.

Mengasuh anak bukan perkara yang mudah. Ibu harus mengetahui apa yang terbaik untuk anaknya dan apa yang harus dilakukan agar anak tumbuh dengan baik. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *