Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Usia 20-an adalah masa muda yang tidak mungkin terulang kembali. Pada usia ini kamu akan melewati berbagai hal, dari yang bahagia hingga yang menyedihkan. Masa ini sangat berharga bagi setiap orang karena masih memiliki banyak waktu luang dan stamina yang fit.

Supaya kamu tidak menyesal di masa depan, delapan hal ini harus kamu capai di usia 20-an :

Traveling

Menghabiskan waktu luang dengan bepergian mengunjungi tempat-tempat yang selama ini ingin kamu kunjungi adalah cara terbaik untuk menghabiskan masa muda. Mungkin saja di masa depan, kamu tidak akan bisa mengulang masa mudamu lagi. Jadi, selagi kamu masih muda dan memiliki waktu luang, lakukan hal-hal yang kamu inginkan dan pergilah ke tempat yang kamu impikan.

Baca juga:  Polsek Kumpulkan Donasi untuk Korban Bencana Alam

Work Life Balance

Pekerjaan memang penting di usia muda, tapi kehidupanmu di luar pekerjaan juga sama pentingnya. Jangan hanya terobsesi dengan pekerjaan hingga mengabaikan kehidupan keluarga maupun kehidupan sosialmu. Luangkan waktumu untuk keluarga di rumah dan berikan waktu untuk bersosialisasi dengan orang terdekat.

Kondisi Finansial Stabil

Mendapatkan penghasilan sendiri dan tidak lagi bergantung pada orang tua adalah hal utama yang harus kamu capai saat umur 20-an. Selain itu, sisihkan uangmu untuk dana darurat di masa depan. Kamu juga bisa mulai belajar investasi, seperti saham atau obligasi.

Baca juga:  Dari Brigjen Suardana Jabat Wakapolda Bali hingga Suwirta Angkat Bicara

Bangun Relasi

Tidak ada salahnya mengenal orang baru atau bersosialisasi dengan orang baru. Kamu mungkin tidak akan merasakan manfaatnya saat ini, tapi kamu akan merasakan manfaatnya di masa depan.

Berani Keluar dari Zona Nyaman

Mencoba sesuatu yang baru dan menantang dirimu sendiri untuk mengatasi ketakutanmu akan membuat masa mudamu lebih berwarna. Jika kamu merasa hanya menjalani kehidupan yang monoton dan membosankan, mungkin kamu perlu keluar dari zona nyamanmu dan coba lakukan hal-hal baru.

Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental di masa muda sangat penting untuk menghindarimu dari berbagai penyakit di masa depan. Stres, depresi, dan frustasi dapat menyebabkan kesehatan fisikmu juga terganggu.

Baca juga:  Dikira Bangkai Tikus, Ternyata Penghuni Kos Membusuk

Menjalankan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat yang dijalankan sedini mungkin akan membuatmu terhindar dari berbagai risiko penyakit di masa depan. Menjaga pola hidup sehat bisa dimulai dari olahraga rutin, mengimbangi pola makan, dan rajin memeriksakan diri setiap tahun.

Temukan Kebahagiaan

Hal yang paling penting di usia 20-an adalah menemukan kebahagiaanmu. Kebahagiaan bisa dalam berbagai bentuk, mungkin kebahagiaan itu adalah keluarga, teman, pasangan, atau mungkin saja pekerjaan.

Jangan habiskan masa mudamu dengan sia-sia. Lakukan hal yang ingin kamu lakukan dan habiskan waktumu dengan hal-hal yang berharga, sehingga kamu tidak akan menyesal di masa depan. (kmb/balipost)

BAGIKAN