Karya- Puncak Karya Aci Usaba Kewulu di Pura Basukian Puseh Jagat Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem berlangsung pada 5 Februari mendatang. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pelaksanaan upacara Karya Aci Usaba Kewulu di Pura Basukian Puseh Jagat Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem telah dimulai 26 Januari 2023. Sementara untuk puncak karya bakal berlangsung pada 5 Februari.

Pemangku Pura Basukian Puseh Jagat Besakih, Jro Mangku Made Pinda mengungkapkan, serangkaian Karya Aci Usaba Kewulu di Pura Basukian Puseh Jagat Besakih sudah dimulai pada 26 Januari lalu.”Karya diawali dengan pelaksanaan upacara ngentegang ngawit mekarya bakti,” ujarnya.

Baca juga:  Jalur Napak Tilas Rute Perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai Hilang Akibat Aktivitas Galian C

Mangku Pinda, mengungkapkan, untuk prosesi berikutnya yakni pada tanggal 2 Januari akan dilaksanakan upacara matur piuning sekuub Pura Agung Besakih, kemudian 4 Februari akan dilaksankan upacara Nuur tirta, dan nedungan pralingga Ida bhatara. “Untuk puncak karya digelar pada 5 Februari mendatang pukul 10.00 Wita,” katanya.

Dia menjelaskan, setelah dilaksanakan puncak karya, pada 6-8 Februari akan dilaksanakan pengantar sekaligus upacara panyineban lan mejaumam. “Upacara nyineb akan dilakukan pukul 15.00 WITA. Jadi, umat Hindu sedharma yang hendak melakukan persembahyangan dipersilakan,” kata Mangku Pinda. (Eka Parananda/Balipost)

Baca juga:  Rumah Terbakar, Kakak Beradik Alami Luka Bakar
BAGIKAN