Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN Satya Bhakti 2022 di gedung Kesenian Ir Soekarno Jembrana. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – KPN Satya Bhakti menggelar Rapat Akhir Tahun (RAT) 2022, di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana, Sabtu (28/1). Dari laporan RAT 2022, KPN Satya Bhakti membukukan sisa hasil usaha (SHU) bersih sebesar Rp 489.417.110.

Pendapatan bersih selama 2022 itu mencapai 15,02 persen dari target yang direncanakan sebesar Rp 447.046.679. Nilai SHU tahun 2022 itu juga meningkat sebesar Rp 63.918.384 dari SHU bersih tahun 2021 lalu. Hasil SHU itu masih bertumpu pada usaha simpan pinjam dan usaha pertokoan.

Khusus usaha simpan pinjam tahun 2022, telah dicairkan pinjaman kepada anggota sebesar Rp 480.560.716.

Baca juga:  Jual Burung Jalak Putih, Warga Yeh Sumbul Ditahan

Ketua Pengurus KPN Satya Bhakti I Made Berata, SHU bersih dari usaha pertokoan tercatat sebesar Rp 6.812.649. Melihat dari SHU unit usaha tersebut, unit usaha pertokoan masih sangat kecil, karena para anggota belum optimal memanfaatkan unit pertokoan untuk kebutuhan rumah tangganya. “Dalam rangka meningkatkan minat serta partisipasi anggota untuk berbelanja pada unit pertokoan, kami setiap tahun memberikan hadiah kepada anggota yang berbelanja barang cicilan terbesar dan pembayarannya lancar dan untuk tahun buku 2022 ini kami memberikan hadiah kepada 8 orang yaitu 5 orang pns dan 3 orang pegawai kontrak,”ucapnya.

Baca juga:  Mayat Mengambang di Hutan Bakau 

Di samping itu, kata Berata, KPN Satya Bhakti yang memiliki 864 anggota, juga memperhatikan kesejahteraan anggota. Di antaranya, memberikan santunan Rp 500.000 kepada anggota yang meninggal dunia.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam sambutannya dibacakan Kadis Koperindag I Komang Agus Adinata mengatakan pelaksanaan RAT agar benar-benar dimanfaatkan untuk mengevaluasi kinerja pengurus, dan pengawas dalam mamajukan Koperasi selama tahun buku 2022. “Ini menjadi sangat penting karena selain mencerminkan wujud demokrasi dalam tata kehidupan Koperasi, juga dengan adanya penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas secara periodik dan berkesinambungan akan sangat bermanfaat baik untuk kepentingan internal manajerial maupun eksternal,” ujarnya.

Baca juga:  Dukung BSPI 2025, QRIS CPM Diuji Coba Pertama Kali

Selanjutnya dalam menyongsong tahun Emas 2026, pihaknya berharap bagi seluruh manajemen yang ada di Koperasi untuk dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh KPN. Satya Bakti dan selalu terus menimba ilmu untuk menuju Koperasi yang lebih berkualitas dari segala aspek. “Kepada seluruh anggota gerakan koperasi harus disiapkan sejak dini agar menjadi entrepreneur yang tangguh dan siap bersaing. Kami berharap kepada gerakan koperasi khususnya KPN. Satya Bakti siap bersaing dan menjadi yang terdepan untuk menyambut tahun emas 2026,” tandasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *