Arak Bali. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Selain bentang alam, budaya, dan tradisinya, Bali juga memiliki makanan dan minuman khas yang wajib dicicipi, salah satunya adalah arak Bali. Arak merupakan minuman beralkohol khas Bali yang memiliki banyak manfaat, mulai dari manfaat dalam kesehatan dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, arak gak cuma buat kamu mabuk karena kadar alkoholnya. Berikut manfaat arak Bali yang dilansir dari berbagai sumber :

1. Menghangatkan Tubuh

Arak Bali cocok dikonsumsi saat musim dingin atau musim hujan karena dapat memberikan kehangatan untuk tubuh. Pada umumnya, minuman beralkohol memiliki kemampuan vasodilator, artinya dapat meningkatkan aliran darah, terutama pada pembuluh darah di dekat kulit. Inilah yang menyebabkan arak dapat menghangatkan tubuh.

Baca juga:  Gubernur Koster Serahkan Penghargaan Lomba Desain Kemasan Arak Bali

2. Menurunkan Demam

Minuman alkohol khas Pulau Dewata ini juga berguna untuk menurunkan demam, tapi bukan dengan diminum langsung. Caranya adalah dengan mempersiapkan sapu tangan dan satu sloki arak.

Kemudian, celupkan sapu tangan tersebut hingga basah secara keseluruhan dan letakkan di bawah pusar. Diamkan selama beberapa menit, maka suhu badan akan turun.

3. Upacara Keagamaan

Arak Bali merupakan minuman penting dalam upacara adat maupun upacara keagamaan. Arak digunakan sebagai tetabuh yang dipersembahkan kepada buta khala.

Baca juga:  Kapal Perang Jadi Kluster COVID-19 Terbesar di Korsel

Selain itu, arak juga disertakan di upacara kematian, yaitu Ngaben sebagai persembahan bagi Dewa Surya. Arak Bali dipercaya sebagai penetral dari roh-roh jahat.

4. Manfaat Kesehatan Lainnya

Selain digunakan untuk menghangatkan tubuh dan menurunkan demam, arak juga dipercaya dapat meredakan batuk, flu, dan sariawan. Bahkan, arak juga dipercaya memiliki manfaat untuk alat kecantikan, membuat kulit menjadi lebih awet, obat rematik, dan obat diabetes.

Baca juga:  Perajin Arak Berterima Kasih ke Gubernur Koster

5. BBM

Pada tahun 2020, beberapa mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Universitas Udayana melakukan eksperimen dengan arak Bali. Mereka mengolah cairan tersebut menjadi bahan bakar minyak yang kualitasnya lebih tinggi dari Premium. Jenis BBM tersebut adalah bioethanol, yaitu bahan bakar yang diproduksi menggunakan bahan dasar nabati.

Nah, itulah beberapa manfaat arak Bali yang wajib ketahui. Kamu bisa menemukan minuman ini dengan mudah di pasaran. (kmb/balipost)

BAGIKAN