Suasana di Pura Banua Besakih, Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Usabha Mabuluh lan Usabha Ngeed di Pura Banua Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem akan dimulai pada 25 Januari. Untuk puncak Usabha Mabuluh akan berlangsung pada 1 Februari, sedangkan Usabha Ngeed di 5 Februari.

Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha, Jumat (27/1) mengungkapkan, untuk rangkaian pelaksanaan upacara tersebut sudah dimulai pada 25 Januari. “Upacara dimulai dengan upacara Nuwasen, Negtegang lan Nanceb Wewangunan Upakara,” ujarnya.

Baca juga:  BPBD Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi Saat Melaut

Widiartha, mengatakan pada 30 Januari akan dilaksanakan upacara Mapiuning Sakuwub di Pura Agung Besakih dan Nawur Tirta Pingit. Kemudian pada 31 Januari akan dilakukan upacara Nedungan Ida Bhatara, Mapepada, dan Memben. “Dan untuk puncak Usabha Mabuluh jatuh pada 1 Februari mendatang,” katanya.

Dia menjelaskan, pasa 2-4 Februari dilaksanakan upacara ngaturang ayaban. Sementara pada 5 Februari akan dilaksanakan upacara Nedunang Ida Bhatara Kalih, Melasti ke Toya Sah, Nedungan Ida Bhatara Kalih lan Mider, dan Puncah Usabha Ngeed. “Untuk tanggal 6-8 Februari akan ada Upacara Pengantar dan Panglemek, lan Penyineban,” kata Widiartha. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Aktivitas Galian C di KRB III Disoroti Warga
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *