Tertimpa -Bangunan Bale Pesantian yang ada di Pura Pejenengan Dadia Gajah Para Gegelang Kelod Kauh yang terletak di Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem, ditimpa pohon tumbang, pada Kamis (26/1). (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST. com – Akibat diterjang angin kencang, pohon tumbang menimpa sebuah bangunan Bale Pesantian yang ada di Pura Pejenengan Dadia Gajah Para Gegelang Kelod Kauh yang terletak di Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem, pada Kamis (26/1). Akibat kejadian itu, pengempon pura mengalami kerugian ratusan juta.

Klian Dadia, I Nengah Nuada, mengungkapkan, selain menimpa Bale Pesantian, pohon tumbang juga menimpa candi dan palinggih apit lawang. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WITA. “Akibat kejadian itu Bale Pesantian rusak parah, sedangkan candi dan apit lawang hanya rusak ringan. Untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp 100 juta rupiah,” ujarnya.

Baca juga:  Hujan Deras di Jembrana Sebabkan Tembok SD Roboh dan Sejumlah Pohon Tumbang

Nuada mengatakan,  pasca tertimpa, pihak pengempon pura telah melakukan pembersihan secara gotong royong terhadap pohon yang tumbang tersebut. Dan nantinya para pengempon pura akan membangun kembali bale pesantian tersebut, mengingat bangunan tersebut cukup vital saat dilaksanakan piodalan. (Eka Parananda/Balipost)

BAGIKAN