Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kepribadian seseorang dibagi menjadi dua, yaitu introvert dan ekstrovert. Ekstrovert kerap dikaitkan dengan kehidupan sosial yang baik.

Hal ini disebabkan karena ekstrovert sangat tertarik dengan interaksi sosial, bahkan bisa mengambil energi positif dari situasi tersebut. Ada beberapa ciri yang ditemukan dalam diri seorang ekstrovert, yaitu sebagai berikut :

1. Suka Berbicara

Berbeda dengan kepribadian introvert, ekstrovert biasanya sangat suka berbicara. Tidak hanya aktif berbicara dengan orang-orang terdekat, tapi juga kepada orang yang baru dikenalnya. Ekstrovert biasanya sering mengambil alih pembicaraan dan menemukan topik-topik pembicaraan dengan mudah.

Baca juga:  Miliki Kepribadian Ekstrovert, Kamu Cocok di 5 Pekerjaan Ini

2. Suka Keramaian dan Mudah Bersosialisasi

Saat bertemu orang baru, ekstrovert akan sangat antusias untuk memulai pembicaraan dan banyak basa-basi. Hal ini membuat mereka mudah untuk bersosialisasi dan mudah diterima dalam suatu perkumpulan. Mereka juga sangat suka dengan keramaian, sehingga ekstrovert cenderung memiliki lebih banyak teman dibanding introvert.

3. Percaya Diri

Sikap ekstrovert yang suka keramaian dan suka berbicara akan membuat mereka lebih percaya diri. Mereka jarang sekali terlihat cemas atau gelisan ketika berada di suatu tempat. Kelebihan ini membuat mereka memiliki banyak relasi dan koneksi.

Baca juga:  Penggalian Dana Bangun Pura, Desa Adat Alis Bintang Gelar “Trail Adventure”

4. Fleksibel

Orang dengan kepribadian ekstrovert biasanya dapat beradaptasi dengan situasi apa pun. Meskipun beberapa dari mereka terorganisir, tidak semua extrovert membutuhkan rencana tindakan sebelum memulai suatu kegiatan, seperti merencanakan liburan atau mengerjakan tugas. Ekstrovert cenderung fleksibel jika dihadapkan dalam situasi apa pun dan di mana pun.

5. Ramah

Salah satu alasan yang membuat ekstrovert memiliki banyak teman adalah sikapnya yang ramah. Mereka memiliki sikap ramah, terutama pada orang yang baru dikenal, sehingga seseorang akan meninggalkan kesan baik pada extrovert. Selain itu, kepribadian ini juga cenderung terbuka dengan orang lain.

Baca juga:  Tertimbun Longsor saat Cari Batu Padas, Tiga Pekerja Tewas

Setelah melihat ciri-ciri di atas, tidak heran jika ekstrovert dikaitkan dengan kehidupan sosial yang bagus. Namun, terlepas dari ekstrovert atau introvert, yang terpenting adalah bagaimana bersikap dan berperilaku kepada orang lain. (kmb/balipost)

BAGIKAN