Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pola hidup dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit, terutama dapat menyebabkan kulit kering. Memiliki kulit kering mungkin akan membuatmu merasa tidak nyaman karena tekstur kulit yang terasa kasar.

Untuk mengatasi kulit kering, berikut sejumlah tips yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, menurut Mayo Clinic :

1. Cuci Wajah Minimal Dua Kali Sehari

Gunakan produk pembersih wajah yang lembut, bebas alkohol, dan tidak berbusa. Kamu disarankan untuk mencuci muka setidaknya dua kali sehari dan setelah berkeringat. Produk yang mengandung asam stearate atau asam linoleate dapat membantu memperbaiki kulitmu.

Baca juga:  8 WNI Positif COVID-19 Seluruhnya Warga Lokal Bali

2. Gunakan Pelembap (Moisturizer)

Gunakan pelembap beberapa kali dalam sehari, terutama saat kulit terasa kering dan setelah mandi. Gunakan produk yang cocok untuk kulitmu dan produk bebas pewangi yang tidak menyebabkan jerawat, serta tidak mengandung zat penyebab alergi. Selain itu hindari produk yang mengandung sodium lauryl sulfate yang bersifat mengeringkan.

3. Gunakan Air Hangat dan Batasi Waktu Mandi

Mandi dalam waktu yang lama dan menggunakan air panas saat mandi dapat menghilangkan minyak alami dalam kulitmu. Batasi waktu mandi tidak lebih dari 5-10 menit. Selain itu, saat mandi gunakanlah air hangat, bukan air panas.

Baca juga:  Tabanan Bentuk Satgas Penanganan PMK

4. Gunakan Sabun Pelembap Bebas Alergen

Saat mencuci tangan, gunakanlah sabun pelembap bebas pewangi, kemudian oleskan krim pelembap saat tangan masih terasa lembap. Sementara itu, saat mandi, cobalah untuk menggunakan krim pembersih atau gel mandi tanpa sabun. Gunakan sabun hanya di area yang diperlukan.

5. Gunakan Pelembap Udara

Udara panas dan kering di dalam ruangan dapat membuat kulit sensitive menjadi kering dan memperparah gatal, hingga terjadi pengelupasan. Kamu bisa menggunakan pelembap udara di rumah atau di kamarmu untuk menambah kelembapan udara.

Baca juga:  Hanya 25 Persen Kasus Positif COVID-19 di Jembrana Masih Dirawat 

6. Pilih Kain yang Baik untuk Kulit

Memakai pakaian dengan serat alami seperti cotton memungkinkan kulitmu untuk lebih mudah bernapas. Berbeda halnya dengan wol, meski terbuat dari serat alami, terkadang dapat mengiritasi kulit.

7. Menghilangkan Rasa Gatal

Jika kulit kering menyebabkan gatal, tempelkan kain bersih, dingin, dan lembap ke area yang terasa gatal. Kamu juga dapat mengoleskan krim atau salep antigatal, yang mengandung setidaknya 1% hidrokortison.

Jika langkah-langkah di atas masih belum bisa mengatasi kulit keringmu, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *