Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Merantau atau pergi jauh dari tempat tinggal biasanya terjadi ketika kamu ingin menempuh pendidikan atau bekerja jauh dari rumah. Merantau artinya kamu hidup sendiri tanpa ada orang tua atau keluarga di sekitarmu, sehingga banyak hal yang harus kamu siapkan.

Berikut beberapa tips merantau yang dapat kamu ikuti agar kamu merasa lebih tenang dan nyaman :

1. Cari Kos yang Aksesnya Mudah

Pertimbangkan lokasi kosmu, cari tempat kos yang mudah dijangkau dan dekat dengan tempat umum, seperti tempat makan, toko, atau tempat fotocopy. Pilih tempat kos yang dekat dengan keramaian karena tempat yang sepi biasanya rawan kejahatan. Selain itu, sebaiknya kamu memilih tempat kos yang dapat diakses 24 jam karena bisa saja kamu memiliki kegiatan yang mengharuskanmu pulang malam.

Baca juga:  TOSS Desa Negari Belum Jadi, Lahan Sudah Hancur

2. Satu Kos dengan Teman

Ajak temanmu untuk satu tempat kos, bukan satu kamar berdua. Kamu bisa satu kos dengan teman kerjamu atau teman yang berasal dari daerah yang sama untuk mengatasi homesick yang bisa saja datang tiba-tiba.

3. Wajib Punya Rice Cooker

Rice cooker merupakan benda yang wajib kamu miliki saat ngekos. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak air, memasak mie, menghangatkan makanan, hingga menggoreng. Selain itu, lebih baik kamu memasak sendiri dibandingkan membeli makanan di luar.

Baca juga:  Vaksinasi hingga Pelosok, BRI Kerahkan Teras Kapal  ke 4 Wilayah Kepulauan

4. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Merantau biasanya membuatmu lebih boros karena kamu merasa lebih bebas dan tidak ada yang mengaturmu. Meski begitu, kamu juga perlu berhemat agar kamu tidak menderita di akhir bulan. Kamu bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran agar kamu tahun jalannya uangmu. Selain itu, sisihkan sebagian uangmu untuk ditabung agar kamu selalu siap dalam keadaan darurat.

5. Jalani Pola Hidup Sehat

Jauh dari rumah artinya kamu harus memerhatikan kondisi kesehatanmu sendiri karena tidak ada yang akan merawat dan memantau kondisi kesehatanmu di sana. Mulai jalani pola hidup sehat dan hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang berdampak untuk kesehatanmu. Jika kamu memiliki asuransi kesehatan atau anggaran lebih, kamu bisa memeriksa kesehatanmu secara berkala ke dokter.

Baca juga:  Cuti Bersama Usai, ASN Diminta Langsung Fokus Layani Masyarakat

6. Belanja Sesuai Kebutuhan

Salah satu godaan ketika hidup sendiri adalah membeli barang-barang yang selama ini diinginkan. Namun, belum tentu barang yang kamu inginkan adalah kebutuhanmu saat ini. Hindari kebiasaan berbelanja sesuka hati karena ini dapat membuatmu boros.

Nah, itulah tips merantau. Saat memutuskan untuk merantau kamu harus siap untuk hidup sendiri dan melakukan segalanya sendiri. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *