Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Resign atau berhenti dari suatu pekerjaan bisa menjadi salah satu tahap dari kehidupan kerjamu. Ada banyak alasan yang membuatmu resign, seperti pekerjaan yang tidak cocok, beban kerja berlebih, mendapat tawaran yang lebih menggiurkan, atau sekadar ingin menikmati waktu tanpa bekerja.

Namun, memutuskan untuk resign perlu mempertimbangkan beberapa hal karena ini menyangkut hidupmu ke depannya. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk resign :

1. Pertimbangkan Kembali Keputusanmu

Memutuskan untuk resign bukan hal yang sepele, kamu harus benar-benar mempertimbangkan beberapa hal, seperti alasan yang membuatmu resign atau kerugian yang akan kamu dapatkan ketika resign. Bisa saja alasanmu resign karena hal-hal kecil yang membuatmu kesal, padahal sebenarnya kamu masih ingin bekerja di sana. Ada baiknya kamu mempertimbangkan keputusan ini dengan kepala dingin.

Baca juga:  Ribuan Bangkai Burung di "Setra" Sema Dikubur, Sampel akan Diuji Lab

2. Apa yang Akan Kamu Lakukan Setelah Resign?

Jika setelah resign kamu belum mendapatkan pekerjaan, sebaiknya kamu pikirkan kembali keputusanmu. Mendapatkan pekerjaan bukan hal yang mudah, saat ini banyak orang yang menjadi pengangguran dan menunggu panggilan kerja. Pastikan sebelum resign kamu sudah mendapatkan pekerjaan, atau mungkin ada hal berguna yang kamu lakukan setelah resign, seperti menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

3. Apakah Tempat Kerjamu yang Baru Lebih Baik dari Sekarang?

Baca juga:  Karena Ini, Pemkab Bangli Kesulitan Data PMI yang Pulang

Apabila alasanmu resign adalah mendapatkan tawaran pekerjaan baru, coba pertimbangkan apakah tempat kerja barumu lebih daik dari yang sekarang. Hal-hal yang daapat kamu pertimbangkan seperti beban kerja, upah yang didapatkan, lingkungan kerja, dan posisi yang akan kamu tempati. Jangan sampai kamu menyesal pindah tempat kerja karena tempat kerjamu yang baru ternyata tidak lebih baik dari tempat kerja sebelumnya.

4. Pertimbangkan Kondisi Finansial

Resign dari tempat kerja dan menganggur selama beberapa bulan artinya kamu harus memiliki tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupmu selama menganggur. Kamu membutuhkan kondisi finansial yang stabil agar kamu tidak kesusahan untuk memenuhi kebutuhanmu. Mungkin kamu harus hemat dan memperbaiki gaya hidupmu selama beberapa bulan sebelum mendapatkan pekerjaan yang baru.

Baca juga:  Berenang di Pantai Sanur, Waspadai Ubur-ubur Bluebottle Beracun

5. Minta Saran dari Orang Terdekat

Keputusan untuk resign dari kantor memang berasal dari diri sendiri, tapi tidak ada salahnya untuk meminta saran dari orang terdekat. Kamu mungkin bimbang untuk resign atau tidak, cobalah untuk menanyakan keluarga atau sahabatmu mengenai hal ini dan bagaimana tanggapan mereka.

Jika kamu sudah mempertimbangkan lima hal di atas dan kamu tetap memutuskan untuk resign, maka resign-lah dengan baik-baik. Mulai bicara dengan atasanmu dan baca kembali kontrak atau perjanjian kerja. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *