Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Nyeri haid merupakan masalah yang dialami wanita ketika sedang haid atau menstruasi. Rasa nyeri ini biasanya dirasakan di beberapa bagian tubuh, seperti perut dan punggung.

Tentunya nyeri haid sangat menyiksa, bahkan bisa membuat aktivitasmu terganggu. Jika kamu sering mengalami nyeri haid, delapan hal ini bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri haid :

1. Kompres Perut

Saat mengalami nyeri perut saat haid, kamu bisa mengompres perutmu dengan kompres hangat. Tempelkan kompres hangat pada area perut dan punggung bagian bawah selama 15-20 menit. Mengompres perut akan membantu melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot di area perut lebih rileks, sehingga rasa nyeri akan berkurang.

Baca juga:  Pasien Covid-19 Gejala Berat di Jepang Capai Rekor

2. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri Haid

Jika nyeri haidmu sudah tidak tertahankan, kamu bisa mengonsumsi obat yang dapat meredakan nyeri haid, seperti parasetamol atau ibuprofen. Namun, kamu perlu memperhatikan instruksi penggunaan pada kemasan obat. Kamu juga bisa meminta konsultasi pada dokter.

3. Minum Jamu Kunyit

Salah satu ramuan tradisional yang dapat meredakan nyeri haid adalah jamu kunyit. Kunyit merupakan obat herbal yang bersifat anti inflamasi, sehingga mampu mengurangi rasa nyeri. Selain itu, jamu kunyit juga dapat melancarkan aliran menstruasi saat haid.

4. Melakukan Pijatan

Untuk meredakan nyeri di area perut, kamu juga bisa melakukan pijatan ringan di daerah perut bawah. Lakukan pijatan dengan gerakan memutar dan ringan dengan menggunakan ujung jari. Kamu juga bisa menggunakan minyak bayi atau krim yang dapat memberikan efek relaksasi.

Baca juga:  Tren Kasus Positif COVID-19 di Bali Turun, Transmisi Lokal Masih Terus Bertambah

5. Minum Air Hangat

Saat menstruasi, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan, sehingga asupan air putih juga perlu ditingkatkan. Untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh dan perut, kamu bisa mengonsumsi air hangat.

6. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat juga dapat meredakan rasa nyeri saat haid. Kamu juga bisa menambahkan aroma terapi ke dalam air hangat untuk memberikan efek relaksasi. Air hangat dapat membuatmu tubuhmu terasa lebih nyaman dan perlahan rasa nyeri akan hilang.

7. Olahraga Ringan

Baca juga:  Saat Haid, Hindari Konsumsi Minuman Ini

Olahraga ringan selama 30 menit setiap hari dapat melancarkan aliran darah karena meningkatkan denyut jantung. Saat aliran darah lancar, maka nyeri haid pun akan lebih cepat membaik. Olahraga secara rutin sebelum menstruasi juga dapat mencegah nyeri perut saat haid.

8. Mengatur Pola Makan

Asupan makanan bernutrisi dapat meredakan nyeri ketika haid. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E, dan omega 3. Selain itu, perbanyak asupan sayur dan buah agar kebutuhan serat dan nutrisi tubuh terpenuhi.

Apabila nyeri haid tidak tertahankan dan terasa sangat menyiksa setiap bulannya, kamu bisa segera memeriksakan diri ke dokter. (kmb/balipost)

BAGIKAN