Sebanyak 34 dari 43 ekor penyu selundupan yang diamankan di perairan Klatakan, Melaya, Jembrana dilepasliarkan di Pantai Pasir Putih, Sumberkima, Buleleng, Jumat (13/1) petang. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Sebanyak 34 dari 43 ekor penyu selundupan yang diamankan di perairan Klatakan, Melaya, Jembrana dilepasliarkan di Pantai Pasir Putih, Sumberkima, Buleleng, Jumat (13/1) petang. Puluhan penyu itu dilepaskan ke habitatnya setelah dinyatakan kondisinya sehat.

Sedangkan sembilan ekor masih dilakukan rehabilitasi dengan dua ekor perlu perawatan intensif karena tumor. Pelepasliaran dilakukan langsung Danlanal Denpasar bersama Kasubag TU BKSDA Bali didampingi pasi Intel Lanal Denpasar dan Dandenpom serta warga peduli satwa.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Bali Masih di 2 Digit

Sebelum dilepasliarkan dilakukan pemeriksaan kondisi penyu dan pemasangan plat tagging pada penyu. Selanjutnya pelepasliaran penyu yang di antaranya sudah dewasa ini dilakukan di Pantai Pasir Putih, Sumberkima.

Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo mengatakan seluruh penyu ini diharapkan bisa sesegera mungkin dikembalikan ke habitatnya dengan kondisi masih hidup. Jumlah penyu yang cukup banyak perlu menjadi perhatian dan kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga satwa. TNI AL akan terus melakukan fungsi pengawasan dan operasi keamanan laut sepanjang tahun. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Bali Selektif Terima Duktang, Dana Bantuan Pendataan Digelontorkan ke 4 Daerah Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *