Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ikigai merupakan istilah dari Jepang yang digunakan untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. Secara harfiah, ikigai terdiri dari kata iki yang berarti kehidupan, dan gai yang berarti nilai.

Ikigai inilah yang memberikan motivasi untuk menjalani kehidupan sehari-hari dan memberikan semangat dalam menyambut setiap hari baru. Ikigai merupakan irisan dari empat elemen, yaitu passion, mission, vocation, dan profession.

Jika kamu ingin menerapkan konsep Ikigai dalam hidup, kamu harus menyeimbangkan empat elemen ini. Untuk dapat memahami empat elemen tersebut, kamu dapat menyimak penjelasan yang dikumpulkan dari berbagai sumber berikut ini :

Baca juga:  Santunan Lansia di Badung Tak Kunjung Cair

1. Passion: What You Love?

Passion artinya apa yang kamu sukai dan kamu senangi. Sesuatu yang membuatmu semangat dan bahagia melakukan hal tersebut.

Kamu bisa menemukannya dari aktivitas sehari-harimu, misalnya hobi atau pekerjaanmu. Selama hal tersebut membuatmu bergairah melakukannya dan kamu tidak merasakan tekanan saat melakukannya, itulah yang dinamakan passion.

2. Mission: What the World Need?

Mission merupakan hal-hal yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar apa. Sesuatu yang dibutuhkan oleh dunia dan bisa kita lakukan.

Baca juga:  Jokowi "Ngunduh Mantu," Belasan Ribu Relawan Mendoakan

Mungkin itu bukan passion-mu, tapi dunia membutuhkannya dan kamu bisa berkontribusi di dalamnya. Fokuslah pada apa yang dibutuhkan dunia saat ini selama kamu menjalani hidup.

3. Vocation: What You Can be Paid For?

Untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari tentunya kamu memerlukan uang. Uang bisa dihasilkan dengan bekerja yang tentunya membutuhkan skill atau kemampuan. Dengan kemampuan ini kamu dapat menghasilkan uang, sehingga kamu dapat memenuhi kebutuhan hidupmu sehari-hari.

Baca juga:  Terhimpit Ekonomi, Anak Derita Hidrocepalus Sempat Enam Bulan Tak Bisa Berobat

4. Profession: What You Are Good At?

Profession atau profesi adalah sesuatu yang kamu merasa ahli di bidangnya. Keahlian ini bisa didapatkan dengan menempuh pendidikan atau mengikuti pelatihan sertifikasi. Namun, keahlian ini bisa saja yang sudah kamu kuasai, hobi yang kamu tekuni, dan ba kat yang kamu tunjukan sejak usia dini.

Keempat elemen di atas harus saling melengkapi. Jika kamu belum menemukan salah satunya, maka kamu belum menemukan cara hidup Ikigai. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *