Prof. Dr. Wayan Lasmawan. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja digulirkan, Rabu (1/11) secara tertutup. Hasilnya, Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd. berhasil memenangkan pemilihan tersebut.

Ia mendapatkan suara penuh dari senat dan kuasa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Pada Pilrek ini, ada tiga calon rektor yang bertarung. Mereka itu, Dr. I Wayan Artanayasa, M.Pd, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., dan Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes.

Pemilihan dilakukan secara langsung. Senat yang hadir sebanyak 38 orang dari 39 orang dengan masing-masing memiliki satu hak suara. Sedangkan Mendikbudristek melalui kuasanya, yaitu Plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek, Prof. Tjiktjik Srie Tjhajandarie memiliki hak 20 suara.

Baca juga:  Wujudkan "3S," Undiksha Gandeng SMAN 4 Singaraja dan SMAN 1 Kuta

Hasil pemilihan, calon Rektor Prof. Lasmawan meraup suara penuh, yaitu sebanyak 58 suara. Raihan suara ini mengantarkannya ditetapkan sebagai rektor terpilih oleh Senat Undiksha.

Usai pemilihan, Prof. Tjiktjik mengatakan, Pilrek sudah berjalan dengan kondusif, dengan sportif, dan saling mendukung. Ini adalah kekuatan moral yang sangat bagus sebagai modalitas Rektor terpilih didalam mengembangkan undiksha ke depan.

Ia berharap Rektor Terpilih dapat menjadikan Undiksha semakin maju, mampu meneruskan langkah atau capaian-capaian luar biasa yang selama ini diraih dalam kepemimpinan Prof. Jampel. “Ke depan Undiksha bisa menjadi perguruan tinggi yang unggul, perguruan tinggi yang leading tidak hanya ditingkat nasional tapi juga Internasional,” katanya.

Baca juga:  A.A. Gede Agung Indra Prathama Raih Doktor di Usia 26 Tahun

Ketua Senat Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd., mengatakan, pilrek telah berjalan sesuai mekenisme dan situasi tetap kondusif. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. “Undiksha ini tetap kondusif, sehingga dengan kondusifitas, harmonisasi kita bisa bekerja maksimal untuk mengantarkan SDM-SDM yang akan kita hasilkan di kemudian hari,” tegasnya.

Rektor terpilih, Prof. Lasmawan mengatakan, dalam mengikuti pilrek ini mengusung visi yang diyakini akan mendukung kemajuan Undiksha ke depan. Visinya adalah Mewujudkan Undiksha sebagai International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL).

Visi ini melanjutkan apa yang sudah dijalankan Rektor, Prof. Jampel pada kepemimpinannya di periode 2019-2023. “Ini harus bisa saya terjadikan dalam waktu 4 tahun dan itu tidak mudah,” katanya,

Baca juga:  WNA Ditemukan Tewas di Kubangan Air Terjun

Prof Lasmawan menyebut, salah satu program strategis yang dirancang untuk mewujudkan visi tersebut adalah menjadikan Undiksha yang kini sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) ke PTN Berbadan Hukum (BH). Lasmawan yang kini masih menduduki jabatan sebagai Wakil Rektor II Undiksha juga berharap IRUEL bisa diwujudkan melalui program kerjasama yang betul-betul merujuk pada QS 100 ranking dunia dan melakukan pembenahan serta penguatan sarana prasarana pembelajaran sebagai tanggung jawab Undiksha kepada masyarakat. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN