Wedasmara. (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sejumlah sungai di Karangasem harus dinormalisasi karena sudah mengalami pendangkalan. Di 2023 ini, Dinas PUPR dan Perumahan Rakyat Karangasem bakal menormalisasi tiga sungai.

Kadis PUPR Karangasem Wedasmara menyebut, di tahun 2023 ini pihaknya bakal menormalisasi Tukad Batah (Kecamatan Selat), Tukad Ganggang (Kecamatan Bebandem), dan Tukad Mbah Api (Kecamatan Abang). “Yang mau kita kerjakan harus buat DED plus rekontek (rekomendasi teknis) ke balai,” ujarnya.

Baca juga:  Gubernur Koster Ajak Seluruh Pemimpin, Tokoh Masyarakat, dan Krama Bali Meneladani Karakter Kepemimpinan Bung Karno

Wedasmara, mengatakan, normalisasi ketiga sungai tersebut sudah dimasukkan dalam anggaran APBD Induk 2023. Jelas dia, kalau untuk normalisasi, rekomendasi untuk itu kemungkinan besar pasti keluar. “Kalau normalisasi biasanya pasti akan keluar rekomendasinya,” katanya.

Sementara itu, Perbekel Ababi, I Wayan Siki berharap dilakukan normalisasi sungai di aliran Mbah Api. Sebab, aliran tersebut sering terjadi luapan air ketika hujan deras sampai memicu kerusakan jalan.“Yang di selatan (Tukad Bungbung) mohon dinormalisasi,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Gunung Semeru Erupsi
BAGIKAN