Situasi di Terminal Kargo yang digunakan untuk antisipasi ketika arus balik mulai padat di Gilimanuk. (BP/Olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Arus balik ke pulau Jawa liburan Tahun Baru mulai terlihat di Pelabuhan Gilimanuk, Minggu (1/1) siang. Sejumlah kendaraan roda empat bernomor plat luar Bali, mulai masuk ke Pelabuhan sejak Minggu siang. Diperkirakan pada Minggu malam, arus kendaraan semakin bertambah.

Sejumlah persiapan yang dilakukan termasuk pemanfaatan lahan parkir seluas 4 hektar di Terminal Kargo juga sudah mulai dibuka. Namun hingga pukul 14.50 WITA, jumlah kendaraan yang masuk Gilimanuk masuk dapat ditampung di dalam parkir Pelabuhan Gilimanuk.

Baca juga:  Hari Kelima Wabah COVID-19 di Korut, Ratusan Ribu Warga Dilaporkan Demam

Skema pengaturan lalu lintas yang diterapkan untuk menghindari macet di jalan utama, kendaraan roda empat nantinya diarahkan ke terminal kargo dan dipecah ke tiap jalan gang menuju pelabuhan Gilimanuk. Sejumlah petugas dari Polres Jembrana juga telah disiagakan di sejumlah titik lokasi pengaturan lalin itu mulai Minggu siang.

Di dalam terminal Kargo ini juga disediakan loket tiket online yang dapat melayani pembelian untuk menyeberang. Beberapa loket tiket online juga masih dibuka di sepanjang jalan utama menuju Pelabuhan.

Baca juga:  Kabur, Sopir dan Kernet Truk Muat Puluhan Penyu

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana sebelumnya mengatakan pola lalin yang pengalihan ke kantong parkir di Terminal Kargo ini akan diterapkan ketika kondisi kendaraan padat. Di lokasi juga akan disediakan gerai tiket online penyeberangan. Diperkirakan lonjakan arus balik pada Minggu malam hingga dua hari berikutnya atau Senin (2/1) nanti. (Surya Dharma/Balipost)

BAGIKAN