Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mengatur keuangan adalah hal yang sulit, apalagi jika memiliki pola hidup konsumtif. Untuk berjaga-jaga dalam menghadapi masa depan, kamu bisa mulai mengatur keuangan sedini mungkin.

Berikut lima tips dalam mengatur keuangan yang bisa kamu ikuti:

1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat catatan anggaran untuk pemasukan maupun pengeluaran. Di era ini, mencatat pengeluaran tidak lagi memerlukan buku yang tebal, kamu bisa mengunduh aplikasi pencatat keuangan di smartphone kamu. Sebaiknya, kamu segera mencatat anggaran saat mendapatkan uang atau mengeluarkan uang agar kamu tidak kelupaan.

Baca juga:  Garam Kusamba Dinantikan Pasar, Namun Sering Diganggu Hujan

2. Sisihkan Uang untuk Menabung

Menabung untuk dana darurat dan masa depan adalah hal yang wajib dilakukan. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Maka dari itu, sebaiknya kamu menyisihkan sedikit uang kamu untuk ditabung.

3. Belanja Jika Perlu

Hindarilah hidup konsumtif yang membuat kamu belanja berlebihan. Beli barang yang memang kamu perlukan karena membeli barang yang tidak kamu perlukan hanya akan membuatmu boros.

Baca juga:  Sidak Proyek di Rendang, Bupati Gede Dana Kurang Puas Kualitas Bangunan Dinilai Buruk

4. Hindari Berutang

Berutang pada orang lain hanya akan membuatmu ketagihan. Sekali kamu berutang, selanjutnya kamu akan melakukannya lagi dan itu menjadi kebiasaan yang buruk. Jika kamu membutuhkan uang, sebaiknya kamu menabung terlebih dahulu hingga uangmu cukup.

5. Coba Berinvestasi

Menabung dan berinvestasi adalah dua hal yang berbeda. Investasi memungkinkan kamu mendapatkan keuntungan yang lebih besar, tapi dengan risiko yang tinggi. Namun, ada beberapa jenis investasi dengan risiko rendah yang bisa kamu coba.

Baca juga:  Di Hannover Messe 2023, Indonesia Bidik Investasi Rp 30 Triliun Lebih

Mengatur keuangan sedini mungkin akan membuatmu siap menghadapi tantangan di masa depan. Jadi, ayo mulai atur keuanganmu dan hentikan pola hidup yang konsumtif! (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *